Ir. Sablin Yusuf MSc., MComp.Sc.
Rektor Kalbis Institute
Greetings From Rector
Salam sejahtera dan bahagia saya sampaikan kepada masyarakat luas pada umumnya dan calon mahasiswa khususnya.Dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi merupakan salah satu langkah nyata untuk memenuhi tujuan mulia dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan dan kecerdasan bangsa dengan menyediakan wadah dan persemaian untuk menyiapkan tenaga lulusan yang memiliki kompetensi unggul guna mengisi kesempatan dan ruang kerja dalam dunia kesejagatan.

Dalam kurun waktu 2 dekade  KALBIS Institute (d/h STIE Supra dan STMIK Supra, kemudian menjadi Institut Teknologi & Bisnis Kalbe) telah banyak melalui perubahan-perubahan dalam rangka mewujudkan cita-cita menjadi salah satu perguruan tinggi pilihan di Indonesia. Perubahan-perubahan tersebut tentunya dilakukan dalam rangka langkah antisipatif serta untuk menjawab tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi yang bergerak dengan dinamis sesuai perkembangan zaman.

Sesuai Visi dan Misinya, KALBIS Institute bertekad untuk menyiapkan lulusan bermutu, profesional,berkarakter, berwawasan global berjiwa inovatif dan wirausaha melalui pendidikan yang modern, mandiri dalam bidang keilmuannya melalui proses pembelajaran yang didukung penuh oleh teknologi informasi & komunikasi, serta dikawal oleh sistem penjaminan mutu internal dan eksternal mengacu pada Undang-Undang tentang Pendidikan Tinggi, serta Sistem Manajemen Mutu ISO 9000.

KALBIS Institute menerapkan konsep pembelajaran yang kondusif dan interaktif antara dosen dan mahasiswa, didukung oleh staf pengajar akademisi dan praktisi yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidangnya, lulusan perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri serta memiliki komitmen tinggi pada disiplin ilmu yang dimiliki. Proses belajar mengajar menerapkan metode diskusi kasus dan student active learning dalam ruang kuliah maupun laboratorium yang lengkap dan modern, sehingga menciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif dan optimal. Para mahasiswa pun akan memiliki kesempatan untuk praktek atau magang di berbagai perusahaan, sehingga akan meningkatkan ketrampilan baik hardskill maupun softskill-nya yang akan menjadi modal besar untuk mendapatkan pekerjaan ketika lulus nantinya.

Untuk mendukung hal tersebut di atas kurikulum KALBIS Institute disusun berdasarkan visi keilmuan bidang program studi ke depan, kebutuhan berbagai pemangku kepentingan, profil serta capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan tingkatan yang ditetapkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Sebagai penciri khusus institusi semua mahasiswa KALBIS Institute akan memperoleh mata kuliah Pengenalan Life Science, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Olah Raga dan Seni yang bertujuan untuk membekali setiap mahasiswa dengan karakter yang seimbang dalam ilmu pengetahuan, penalaran, minat bakat dan emosional.

Dalam 5 tahun terakhir KALBIS Institute yang dalam pengelolaannya bekerja sama dengan Yayasan Bina Nusantara telah banyak meraih prestasi melalui kompetisi-kompetisi mahasiswa tingkat nasional, baik dalam bidang olah raga, seni dan akademis. Pada tahun 2015 KALBIS Institute pun masuk dalam kategori perguruan tinggi sehat murni dan masuk dalam nomisasi Perguruan Tinggi Swasta terbaik se Kopertis Wilayah III Jakarta dalam kategori Tata Kelola, Pengembangan Dosen dan Pembinaan Kemahasiswaan, serta berhasil memenangkan berbagai hibah kompetisi dari pemerintah.

Melalui informasi ini, saya berharap masyarakat dan khususnya calon mahasiswa memperoleh gambaran awal yang cukup jelas sebagai dasar pertimbangan untuk berketetapan hati menjadi mahasiswa, menimba ilmu dan ketrampilan
serta lulus dan sukses bersama KALBIS Institute.

Ir. Sablin Yusuf MSc., MComp.Sc.
Rektor KALBIS Institute