Sebagai mahasiswa, kreativitas merupakan ekspresi yang muncul dari dalam diri seseorang untuk menghasilkan suatu karya yang membanggakan, serta merupakan suatu bukti dari hasil perjalanan berkarya dan pembelajaran. Oleh karena itu, bertepatan pada hari Jumat, 12 November 2021. Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Himdes) Fakultas Ilmu Komputer dan Desain Kalbis Institute menyelenggarakan Photo & Reels Competition yang dilaksanakan secara offline, berlokasi di Inagro, Ciseeng, Bogor. Inagro Photo & Reels Competition merupakan program gabungan antara Himdes dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sinematografi Kalbis Institute yang bekerja sama dengan Inagro. Tujuan diadakannya kompetisi tersebut yaitu untuk mempromosikan kegiatan yang ada di Inagro dalam upaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs).
Kompetisi ini mengangkat tema “Responsible Consumption & Life on Land” yang merupakan 2 program dari 17 program SDGs. Tema ini diangkat sebagai salah satu bentuk kepedulian dan partisipasi Kalbis Institute dalam program PBB untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.


Kompetisi ini terdiri dari panitia yang berasal dari berbagai program studi dan diikuti oleh mahasiswa – mahasiswi Kalbis Institute yang tertarik dalam bidang fotografi. Jumlah keseluruhan partisipan yang ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah 12 orang panitia pelaksana dan 36 orang peserta lomba.
Kompetisi dilakukan dengan cara peserta memfoto dan membuat video reels semenarik mungkin tentang objek atau momen yang ada selama berada di Inagro, namun tetap berkaitan dengan tema yang diangkat. Kegiatan ini dibagi menjadi 6 kategori yaitu Education, Animals, Plants, Recreation, Sustainable Activities, dan Human Interest. Disini peserta akan dibagi per kelompok untuk tiap kategori yang dilombakan.

Secara keseluruhan acara berlangsung lancar dan para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan kompetisi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. Kegiatan ini sebagai ajang untuk mengembangkan bakat serta kreativitas mahasiswa dalam berkarya. Kegiatan ini juga melatih pemikiran kritis maupun pengembangan kreatif terhadap kondisi yang dihadapi dengan memanfaatkan kreativitas. Selain itu, kegiatan ini juga menambah wawasan para peserta tentang berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan alam dan mengenai pentingnya bertanggung jawab dalam setiap proses olahan konsumsi serta mengenal lebih dalam tentang kehidupan di darat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *