Oktober 2019 ini merupakan bulan di mana Kalbis Institute mengadakan cukup banyak event. 10 Oktober lalu, Kalbis telah mengadakan acara Kalbis Career Day di mana Kalbis Institute mengundang beberapa perusahaan untuk datang dan mengadakan seminar seputaran prospek karir. Kali ini, Kalbis Institute kembali mengadakan acara Viscode Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan DKV dengan tema Goresan Budaya.

Acara ini dilaksanakan pada Kamis, 24 Oktober 2019 sampai Sabtu, 26 Oktober 2019 yang dimulai sejak pukul 09:00 s/d  17:00 WIB. Acara diselenggarakan di Lobby Kalbis dan free entry bagi para pengunjung. Ketentuan tertentu yang harus Anda laksanakan adalah menggunakan pakaian batik lalu memadankannya dengan outfit favorit. Jika beruntung, Anda bisa memenangkan hadiah yang telah dipersiapkan panitia lomba.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Prodi Desain Komunikasi Visual, Bapak Juniar M.Ds. S. Ds. dan penampilan tari tradisional dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kalbis Institute, yaitu tari tradisional, atau yang lebih akrab dikenal dengan nama D’Venus.

Salah satu narasumber pengunjung bernama Mario mengatakan bahwa, “Acara ini keren banget! Lukisan-lukisannya juga banyak. Ada gambar barong, peta Indonesia, Nyai Loro Kidul, dan masih banyak lagi. Mereka juga memajang wayang buatan dan karikatur para petinggi di Indonesia, seperti Bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi dan Ibu Susi Susanti. Di sana juga menjual barang-barang bertema khas Indonesia, saya membeli kaosnya.”

Ia juga mengatakan bahwa, “Acara ini sangatlah berguna tentunya, karena acara ini dapat menambahkan wawasan mengenai budaya Indonesia dan membuatnya menjadi lebih modern.”

Resa sebagai narasumber lainnya yang juga merupakan mahasiswa jurusan DKV mengatakan, “Acara Viscode Expo ini merupakan acara pameran seni pertama DKV yang khusus mempresentasikan karya-karya mahasiswa DKV dari angkatan 2017, 2018, hingga 2019 dengan tema budaya Indonesia.

Acara ini berada di luar kegiatan kuliah karena acaranya ini berasal dari ide anggota himpunan mahasiswa DKV Kalbis Institute itu sendiri. Tujuan dari pembuatan acara ini adalah untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap kebudayaan Indonesia dan melestarikannya, serta mengakrabkan antar mahasiswa DKV.

Harapan terbesar saya adalah semoga acara ini kedepannya bisa tetap ada dan dikemas dengan lebih menarik, serta dapat menyemangati seluruh mahasiswa DKV Kalbis Institute agar lebih gigih untuk berkarya sehingga karya mereka layak untuk ditampilkan dalam pameran-pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa DKV Kalbis Institute.

Kami juga berhasil mewawancarai salah satu mahasiswa baru yang menjadi panitia sukarelawan dalam acara ini, Gideon Khoe. “Acara ini merupakan ajang di mana kami mempertontonkan hasil karya mahasiswa DKV Kalbis Instute dalam bentuk yang lebih atraktif, kegiatannya adalah mempresentasikan budaya Indonesia melalui hasil karya mahasiswa DKV Kalbis.

Viscode Expo bertujuan untuk melatih dan mengembangkan diri dalam membuat karya, terutama untuk anak-anak muda Indonesia. Konsepnya dibuat sedemikian apik sehingga terlihat memukau dan acaranya sangat seru. Kami membuka bazaar yang menjual makanan dengan kisaran harga Rp 1.000,00 hingga Rp 2.000,00. Tidak hanya itu, kami juga menjual barang dagangan lainnya seperti kaos Indonesia yang kami jual dengan harga Rp 130.000,00 dan masih banyak lagi.”

Terdengar keren, bukan? Acara ini merupakan acara yang paling dinantikan oleh para mahasiswa DKV Kalbis Institute sebagai ajang mereka untuk berani menampilkan hasil karya mereka kepada orang banyak. Registrasi acaranya juga mudah, kok. Untuk para mahasiswa hanya perlu mendaftarkan nama, nomor NIM, tanda tangan, dan e-mail di depan pintu masuk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *