Kegiatan Mahasiswa.

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas. Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa.

Akuntansi

@kias_kalbis

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMAK) merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang mewakili Fakultas Bisnis Jurusan Akuntansi. Tujuannya adalah sebagai wadah yang dapat menampung minat, bakat dan menggali potensi mahasiswa akuntansi. Besarnya minat mahasiswa akuntansi KALBIS Institute dalam berbagai jenis kegiatan eksternal, seperti seminar, kompetisi dan sebagainya yang bersifat regional hingga nasional telah menjadi sebuah bentuk dorongan bagi kami untuk membentuk himpunan ini.

Selain itu, HIMAK juga mampu melatih mahasiswa dalam kegiatan organisasi seperti kemampuan kepemimpinan, manajerial administrasi dan lainnya. Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja, HIMAK juga mampu berperan sebagai sarana untuk mempererat rasa solidaritas dan kekeluargaan antar mahasiswa KALBIS Institute, sehingga tidak hanya bertanggung jawab terhadap Jurusan Akuntansi saja, tetapi juga terhadap seluruh keluarga KALBIS Institute. Dengan alasan tersebut, kami selaku Pengurus Organisasi HIMAK KALBIS Institute mengajukan berbagai program kerja HIMAK KALBIS Institute dengan nama KALBIS Institute Accounting Society (KIAS).

Manajemen

@humankalbis

Untuk mewujudkan visi dan misi KALBIS Institute sebagai perguruan tinggi yang maju dalam era globalisasi, peranan segala aspek baik dari pihak kampus dan mahasiswa sangatlah dibutuhkan. Dalam rangka mengembangkan pembinaan mahasiswa KALBIS Institute, diperlukan adanya wadah kegiatan dan pembelajaran dalam berorganisasi. Himpunan Mahasiswa Jurusan dirasa sangat penting untuk pengembangan mahasiswa secara internal maupun eksternal sesuai dengan jurusan yang terkait. Untuk itu Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAN) dibentuk dan diharapkan mampu melatih mahasiswa dalam kegiatan organisasi seperti kemampuan kepemimpinan, manajerial, administrasi, dan lainnya. Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja

Sistem Informasi

@himsigalaksi

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Kalbis Institute merupakan wadah bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi Kalbis Institute untuk berkumpul, berbagi ilmu dan berkreasi untuk membentuk pribadi berkarakter unggul dan inovatif. HIMSI lebih dikenal oleh para mahasiswa dengan nama GALAKSI (Gabungan Elemen Mahasiswa Kreatif Sistem Informasi). Seperti namanya GALAKSI merupakan benda langit yang memiliki berbagai bentuk dan karakteristik. Bentuk dan karakteristik unik dari GALAKSI mewakili sifat–sifat mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Kalbis Institute yang beragam. Namun dalam GALAKSI perbedaan itu menjadikan semuanya lebih indah.

Informatika

@himifkalbis

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan pembuatan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Informatika Kalbis Institute periode 2018-2019. Program kerja ini dibuat sebagai panduan kerja pengurus untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan untuk satu periode masa jabatan kepengurusan 2018-2019. Juga sebagai bentuk persiapan kerja yang rapi dan sistematis agar rencana kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Ilmu Komunikasi

@himik.kalbis

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi merupakan organisasi mahasiswa Kalbis Institute. HMJ merupakan wadah bagi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi untuk mendapatkan pembelajaran mengenai organisasi dan mengasah kemampuan yang dimilikinya dalam bidang Ilmu Komunikasi.

Desain Komunikasi Visual

@himdes.kalbis

Himpunan Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (HIMDES) merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang mewakili Fakultas Industri Kreatif jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Tujuannya adalah sebagai waadah yang dapat menampung minat, bakat dan menggali potensi mahasiswa pada bidang kreativitias. Dalam mewujudkan Visi dan Misi Kalbis Institute, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ini diartikan sebagai sebuah seni serta komunikasi yang digunakan kebutuhan bisnis dan industri.

Selain itu, HIMDES juga mampu melatih mahasiswa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan bahasa visual secara kreatif, efektif dan inovasi. Beberapa hal yang akan dipelajari di jurusan ini tentu tidak akan lepas dari ilmu komunikasi dan ilmu seni rupa. Ilmu komunikasi misalnya tentang periklanan, ilmu pemasaran, branding,dan lainnya. Sedangkan ilmu yang terkait dengan seni rupa akan dipelajari tentang tipografi, sketsa, ilustrasi, fotografi, videografi dan masih banyak lagi.

Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja, HIMDES berperan sebagai sarana untuk mempererat rasa solidaritas dan kekeluargaan antar mahasiswa Kalbis Institute, sehingga tidak hanya bertanggungjawab terhadap prodi DKV saja, tetapi juga terhadap seluruh keluarga Kalbis Isnstitute.

Basket

@kalbisbasketball

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket Kalbis Institute sudah dibentuk sejak tahun 2008 ini dapat menjadi forum untuk berkomunikasi antar mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang Olahraga basket khususnya. Meskipun tugas utama seorang mahasiswa adalah mengikuti kegiatan akademis dengan baik, namun penting juga bagi mahasiswa untuk berkualitas dalam suatu organisasi dan menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa

Futsal

@futsalkalbis

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal merupakan salah satu UKM olahraga di Kalbis Institute dibawah naungan Biro Pengembangan Kreativitas Mahasiswa. UKM ini terbentuk pada tahun 2010 dan terus berdiri hingga sekarang.

Tujuan dari UKM Futsal adalah untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa Kalbis Institute dalam bidang olahraga futsal. Tujuan ini merupakan dasar bagi UKM Futsal untuk nantinya bisa mempersembahkan prestasi demi mengharumkan nama Kalbis Institute. Selain itu, UKM Futsal juga berusaha untuk terus berkembang di setiap periode kepengurusan agar bisa menjadi panutan bagi UKM lain yang mempunyai tujuan yang sama

Taekwondo

@taekwondokalbis

Taekwondo merupakan olahraga beladiri modern yang berakar pada bela diri tradisional Korea. Taekwondo mempunyai banyak kelebihan, tidak hanya mengajarkan aspek fisik semata, tetapi juga menekankan dan mengajarkan aspek disiplin mental, dengan demikian, Taekwondo akan membentuk sikap mental yang kuat dan etika yang baik bagi orang yang sungguh-sungguh mempelajari dengan benar. Taekwondo mengandung aspek ilmu bela diri yang mendalam sehingga dengan mempelajari Taekwondo, maka pikiran, raga dan jiwa kita secara menyeluruh akan ditumbuhkan dan dikembangkan dengan baik

Voli

@voli.kalbis

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu wadah untuk menghimpun kreativitas dan bakat mahasiswa dalam mengekspresikan kemampuannya ke dalam suatu bidang dan hobi yang diminatinya. Untuk menyalurkan semuanya itu terutama di bidang olahraga khususnya Voli, maka UKM Voli berguna sebagai sarana yang tepat bagi mahasiswa.

UKM Voli sebagai sarana aktivitas mahasiswa dalam berolahraga. Di dalamnya terdapat pula proses kerjasama tim, melatih anggota untuk menumbuhkan rasa percaya dalam tim, membina hubungan yang harmonis dalam satu tim organisasi ini, sehingga UKM Voli dapat menjadi UKM favorit mahasiswa Kalbis Institute

Bulu Tangkis

@badmintonkalbis

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) merupakan salah satu wadah untuk menghimpun kreativitas dan bakat mahasiswa dalam mengekspresikan kemampuannya ke dalam suatu bidang dan hobi yang diminatinya,untuk menyalurkan semuanya itu terutama dibidang olahraga khususnya Bulutangkis, UKM Bulutangkis tentu dibutuhkan sebagai sarana yang tepat bagi mahasiswa.

Dalam dunia kerja kita akan dihadapkan pada suatu organisasi yang membutuhkan adanya sebuah teamwork, oleh karena itu kita perlu melatihnya sejak awal agar siap menghadapi dunia kerja. UKM Bulutangkis merupakan wadah yang tepat untuk melatih teamwork serta sebagai sarana dalam menyelenggarakan, mengembangkan dan membina olahraga Bulutangkis sebagai ilmu dan olahraga untuk membangun jiwa yang sehat dan membentuk kreativitas serta profesionalisme

Band

@inpusband

Dalam proses pembelajaran, seseorang dilatih untuk dapat mengembangkan dua aspek yang berbeda dalam sebuah institusi. Dua aspek tersebut adalah hard skill dan soft skill. Oleh karena itu, sebaiknya kampus tidak hanya meningkatkan kemampuan secara akademik, namun juga non-akademik, yakni dengan menunjang kegiatan mahasiswa dalam pengembangan minat bakat serta menyalurkan hobi seperti terselenggarakannya suatu organisasi berskala kecil yaitu unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Unit Kegiatan Mahasiswa Band Indie Campus (INPUS) hadir sebagai wadah mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam olah vokal, mahir menggunakan alat musik, serta meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang seni, terutama seni musik. Kami memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas anggota kami dalam menggunakan alat musik, serta dapat ikut meramaikan acara-acara yang diselenggarakan kampus, maupun acara yang ada di luar kampus, seperti kompetisi

Paduan Suara

@parakalbira

Paduan Suara merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Kalbis Institute meliputi pelatihan khusus dalam bidang teknik vokal dan seni suara. Disisi lain, UKM Paduan Suara ini merupakan suatu bentuk perhatian kampus terhadap peserta didiknya agar dapat mengembangkan minat serta kemampuannya dibidang seni suara. Dengan adanya kegiatan UKM Paduan Suara Kalbis Institute ini diharapkan mampu menjadi suatu organisasi yang dapat menyalurkan energi positif, minat dan bakat dalam bidang seni.

Tari Tradisional

@dvenus_kalbis

Unit Kegiatan Mahasiswa Tari Tradisional (TATRA) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Kalbis Institute. Dibentuk untuk melatih dan mengembangkan pengetahuan di bidang kesenian terutama seni tari. UKM TATRA sendiri memiliki nama yaitu D’VENUS. D’VENUS merupakan singkatan dari Decorum Venustus yang mana diambil dari bahasa latin. Decorum Venustus memiliki arti anggun dan menawan yang menggambarkan ciri khas penari tradisional.

D’VENUS adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Tari Tradisional Kalbis Institute yang bertujuan untuk melestarikan tarian-tarian yang ada di Indonesia, dengan adanya UKM ini dapat menjadikan mahasiswa lebih aktif dan bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan yang diadakan oleh kampus maupun UKM.

Modern Dance

@ktroopers

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi kemahasiswaan yang memfasilitasi dalam bentuk kegiatan rutin dari segala bidang. Sebagai mahasiswa dan mahasiswi dalam prestasi tidak hanya dalam akademiknya saja namun juga dari sisi non-akademiknya. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam seni tari ini akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya dan mengasah kreativitas, hobby serta kemampuannya masing-masing. Unit Kegiatan Mahasiswa/i (UKM) dalam bidang seni tari modern (Modern Dance) di Kalbis Institute sering kita sebut Troopers.

Fotografi

@portalkalbis

Fotografi merupakan proses seni melukis dengan media cahaya dan menghasilkan suatu gambar atau foto. Saat ini, sebagian besar masyarakat mulai tertarik dan berminat pada bidang fotografi, mulai dari remaja hingga orang dewasa terutama para mahasiswa/i yang memiliki kreativitas tinggi untuk menghasilkan suatu karya seni. Pada dasarnya, potensi dan kreativitas dapat digali sehingga pengetahuan tentang fotografi dapat dikuasai dan dikembangkan. Bidang fotografi juga sangat berperan penting dalam hal publikasi kepada masyarakat luas. Untuk itu, kami mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa dalam bidang fotografi yang diberi nama PORTAL.

Dengan adanya UKM Fotografi, para anggota diharapkan dapat diajarkan teknik-teknik pengambilan foto yang baik dan benar.

Televisi

@evomedia_kalbis

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia. Dalam proses komunikasi terdapat pertukaran informasi. Media massa yang dianggap paling mempengaruhi khalayaknya dalam hal penyampaian informasi adalah televisi. Kehadiran televisi dalam kehidupan manusia memunculkan suatu peradaban, khususnya dalam proses komunikasi dan penyebaran informasi yang bersifat massal dan menghasilkan suatu efek sosial yang berpengaruh terhadap nilai-nilai sosial dan budaya manusia.

Menurut Prof. Dr. R, Mar’at, acara televisi pada umumnya mempengaruhi sikap, pandangan, persepsi, dan perasaan bagi para penontonnya. Hal ini disebabkan oleh pengaruh psikologis dari televisi itu sendiri, di mana televisi seakan-akan menghipnotis penonton, sehingga mereka terhanyut dalam keterlibatan akan kisah atau peristiwa yang disajikan oleh televisi (Effendy, 2002 : 122).

Televisi merupakan media yang dianggap paling mempengaruhi khalayaknya dalam hal penyampaian informasi. Informasi yang diberikan dikemas dalam bentuk sebuah program acara yang dinamakan berita. Permintaan khalayak yang tidak pernah surut akan informasi menjadikan berita sebagai program utama di setiap stasiun televisi.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka KALBIS Institute sebagai institusi melalui Biro Pengembangan Kreativitas Mahasiswa memutuskan untuk mendirikan unit kegiatan mahasiswa dengan nama Unit Kegiatan Mahasiswa Televisi EVO Media, dengan tujuan sebagai media institusi dalam menyampaikan informasi seputar KALBIS Institute dan kegiatan yang berkaitan dengan institusi tersebut. UKM Televisi EVO Media tak luput dalam memproduksi beberapa program acara yang akan disiarkan kepada sivitas akademika KALBIS Institute sebagai media informasi dan hiburan saat aktivitas perkuliahan dihentikan sejenak.

Sinematografi

@cloud.kalbis

UKM Cloud adalah merupakan UKM yang menekuni dalam bidang sinematografi. Sinematografi itu sendiri adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menyatukan gambar tersebut sehingga menjadi gambar yang memiliki kemampuan menyampaikan ide, cerita dan pesan.

UKM ini berawal tergabung dalam UKM MRT (Movie, Radio dan Televisi) yang kemudian pada tahun 2015 UKM MRT Pecah yang kemudian UKM mengenai perfilman berdiri kembali dan mengganti nama menjadi CLOUD dan tetap berkarya hingga saat ini

UKM ini bertujuan sebagai wadah pembelajaran untuk mahasiswa yang tertarik dengan dunia perfilman dan juga mengembangkan kreativitas mereka dalam dunia audio - visual

Brimaga

@brimagakalbis

Kami panjatkan puji dan syukur atas kehadirat-Nya, yang telah memberikan rahmat dan kenikmatan untuk kita sebagai manusia di muka bumi ini. Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan makhluk yang lainnya. Tuhan memberikan segala kenikmatan berupa alam, rasa, akal pikiran kepada kita manusia agar kita dapat selalu bersyukur, menjaga dan mencintai semua makhluk ciptaan-Nya. Untuk lebih mendekatkan dan mempererat hubungan antara manusia dalam usahanya mencintai ciptaan Tuhan, diperlukan adanya suatu wadah yang dapat menampung serta menyalurkan pemikiran-pemikiran dan kegiatan kreatif untuk menyatakan rasa cinta tersebut.

Segala usaha di atas hanya akan berhasil jika didasari oleh jiwa besar dan budi luhur yang harus ditempa, dibina serta senantiasa dikembangkan menurut batas-batas kemampuan setiap manusia yang merdeka dan sebagai insan sosial yang sadar akan fungsi dan peranannya di dalam masyarakat. Selain itu, diperlukan kerja keras, semangat, tidak mudah putus asa dan kerja sama antar manusia dalam menjalankan kegiatan-kegiatan, sehingga semua tujuan yang telah direncakanan akan tercapai dengan baik.

Kalbis Institute dengan segala gerak kegiatannya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dan mahasiswa Kalbis Institute yang mencintai almamaternya, wajib mengembangkan rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan dan lingkungan alam demi kemanusiaan.

Islam

@themujaddidkalbis

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam tercurah bagi junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabat yang selalu berjuang dalam mendakwahkan perintah Allah SWT.

Dalam rangka menjalankan misi dakwah seperti yang Rasulullah lakukan, kita sebagai pengikut-Nya turut serta melanjutkan perjuangan Rasulullah untuk terus mendakwahkan dan menegakkan agama Allah di muka bumi, khususnya di Kalbis Institute, dan turut serta memperdalam ilmu agama ini serta berbuat makruf (segala perbuatan yang mendekatkan diri pada Allah) guna bersama-sama mengangkat derajat umat dari kezaliman dan keterbelakangan dalam agama; aqidah, muamalah dan lain-lain, maka dibentuklah suatu wadah organisasi Islam penggerak perubahan beorientasi agama dan kebaikan yang bernama Rohis The Mujaddid.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra dituturkan, bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat.” (HR. Bukhari)

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. dan itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S Al Imran ayat 104)

Rohis The Mujaddid merupakan organisasi intra kampus yang pelaksanaannya berada di bawah naungan kemahasiswaan Kalbis Institute bidang Unit Kegiatan Mahasiswa khususnya Unit Kegiatan Kerohanian.

Harapan kedepannya organisasi ini dapat memperdalam Ilmu Agama Allah yaitu Islam Rahmatan lil ‘alamin (Rahmat bagi semesta alam), meningkatkan ketakwaan mahasiswa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta mengembangkan potensi individu dan keterampilan dalam berorganisasi.

Katolik

@kmk_kalbis

Berorganisasi dalam lingkup kampus merupakan wadah serta sarana bagi mahasiswa untuk menggali potensi dalam diri, mengembangkan bakat serta mengasah kemampuan bersosialisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) merupakan salah satu organisasi dengan kategori Unit Kegiatan Rohani (UKR) yang terdapat di Kalbis Institute, dengan jumlah mahasiswa dan dosen beragama katolik yang cukup banyak organisasi ini tumbuh menjadi wadah pemersatu, saling berbagi pengalaman, media untuk berdoa bersama saudara seiman, dan menciptakan suasana kekeluargaan bagi setiap insan beragama katolik di Kalbis Institute, dengan beragam kegiatan yang bukan hanya bertema keagamaan namun juga mengutamakan nilai sosial bagi sesama, KMK menanamkan semangat pelayanan, kepedulian, dan cinta kasih terhadap sesama tanpa membedakan agama, suku, ras, serta mengajak anggotanya untuk selalu berdoa, berpikir, bertindak dalam nama Tuhan dan menjauhi hal-hal negatif.

Kristen

@firecommunity

Unit Kegiatan Rohani Kristen Kalbis Institute, mengarahkan setiap anggota menuju pertumbuhan iman kepada Tuhan, karena Tuhan adalah pribadi yang menjadi teladan untuk melalkukan hal-hal yang baik dan benar.

Dalam periode 2018-2019 ini ROHKRIS bertekad menjadi wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan setiap talenta yang dimiliki oleh setiap anggotanya bagi kemuliaan Kristus. Jadi, setiap anggota ROHKRIS dapat mempergunakan masa mudanya dengan baik dan mengenal dan melayani Tuhan.

Budha

@kmbabhippasada

Unit Kegiatan Rohani Buddha Kalbis Institute menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada di Kalbis Institute maka Unit Kegiatan Rohani Buddha ini dapat menjadi wadah untuk mahasiswa dalam membangun nilai–nilai tersebut dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Kemudian Unit Kegiatan Rohani Buddha Kalbis Institute juga berupaya membangun aspek spiritual dan kerohanian pada setia mahasiswa. Unit Kegiatan Rohani Buddha juga memberikan wadah untuk mahasiswa agar dapat mengembangkan kreativitas selain dalam bidang spiritual dan Unit Kegiatan Rohani Buddha ini juga sebagai untuk perkumpulan mahasiswa Kalbis Institute yang beragama Buddha.

Download Booklet & Brosur Kalbis Institute

Informasi Kalbis Institute Terbaru


Prestasi Mahasiswa dan Institusi

Kampus Penggiat Anti Narkoba (2017)

BACA SELENGKAPNYA →

Peringkat II di Kalangan Institut se-DKI Jakarta (2016)

BACA SELENGKAPNYA →

Nomisasi Perguruan Tinggi Swasta terbaik se Kopertis Wilayah III Jakarta (2015)

BACA SELENGKAPNYA →