Sosial media pada umumnya merupakan media bagi seseorang untuk sekadar melakukan kegiatan sosial seperti chatting atau telepon gratis, namun sosial media saat ini juga telah menjadi salah satu media terpenting yang digunakan oleh banyak orang sebagai media periklanan dengan kampanye.

Oleh karena itu, RETORIKALBIS mengundang Kak Demas Kevin (Senior Social Media Executive at VMLY&R Indonesia) untuk menjadi narasumber pada acara seminar bertema Environment Campaign ini. Beliau hadir untuk membagikan pengalamannya selama bekerja menjadi seorang Social Media Executive dan Content Creator. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 9 Januari 2020, pukul 10:00 s/d 12:00, di lantai 5, Perpustakaan Kalbis Institute, Reading and Malfunction Area.

Kak Demas adalah seorang konten kreator yang membuat karya secara anonim dengan inisial D. Beliau adalah pencipta dari hashtag  #KamiTidakTakut dan #JakartaBerani pada tahun 2016/2017 saat ada teror bom di Jakarta.  Kak Demas mengatakan bahwa bekerja di bidang ini harus bisa menguasai banyak hal, tergantung pada apa permintaan dari perusahaan yang dinaungi. Semisal, jika bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang olahraga seperti klub sepakbola atau semacamnya, maka kemampuan yang harus dimiliki adalah mengetahui banyak hal tentang klub tersebut dan menyukai klub tersebut. Begitu juga di bidang otomotif, maka syarat yang harus dipenuhi adalah menguasai bidang tersebut.

Namun, mustahil bagi semua manusia menyukai banyak bidang dalam sekali waktu, tentu saja Kak Demas juga bisa merasa jenuh dengan pekerjaannya. Walau begitu, Kak Demas membuktikan bahwa dirinya bisa bersikap profesional dalam pekerjaannya dan berhasil membawa nama brand yang ia naungi dengan baik di sosial media. Beliau sanggup mengatasi stres yang ia miliki dan semua emosi yang terpendam itu ia dapat menghasilkan karya seperti gambar maupun tulisan poster untuk kegiatan kampanye sosial.

 Kak Demas juga bersikap fleksibel dengan pekerjaannya dan berpindah-pindah dari perusahaan ke perusahaan lainnya. Kak Demas menginginkan cara bekerja senyaman mungkin agar tidak merasa  bisa merasakan langsung hal-hal baru sehingga ia tidak akan merasa jenuh dengan hal yang ia kerjakan. Karena itulah, Kak Demas menjadi seseorang yang sangat berpengalaman dan berwawasan luas karena banyaknya bidang yang ia tekuni.

Selain kegiatan seminar yang edukatif ini, Kak Demas juga sangat pandai menggaet audiens dengan gaya berbahasanya yang kekinian. Kegiatan seminar ini juga mengajak para audiens, terutama peserta wajib dari jurusan Advertising and Digital Communication angkatan 2019 Kalbis Institute untuk membuat kampanye mereka sendiri, bertema lingkungan yang akan dipresentasikan dalam kegiatan seminar. Dua kelompok presentasi terbaik akan dipilih dan diberikan hadiah langsung oleh Kak Demas. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab, pemberian plakat tanda terima kasih, dan foto bersama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *