Kenalan lebih lanjut jurusan Matematika Bisnis yuk!

05 Feb 2018
Share on Facebook
Share on Twitter




Mata pelajaran apa yang dianggap momok oleh kebanyakan siswa? Jawaban terbanyak dan terkompak yang diserukan hanyalah satu: Matematika! Melihat angka berjajar dan beberapa kode seperti integral dan kwadrat membuat matematika terlihat begitu melelahkan. Namun pandangan ini tidak berlaku bagi semua orang loh. Dalam satu kelas, ada saja anak yang suka dengan mata pelajaran matematika. Dia juga jago untuk menyelesaikan deretan angka yang mungkin memusingkan untuk siswa lain.

Menurutmu? Mengapa kita harus belajar matematika dari kecil? Okelah kita kan menggunakan kemampuan berhitung sederhana untuk kegiatan sehari-hari. Namun, rumus matematika tingkat tinggi seperti integral dan limit jarang sekali kita gunakan sehari-hari. Sudah tahu matematika itu tidak gampang, toh masih banyak juga yang ingin melanjutkan ke jurusan ini saat kuliah nanti. Hm, kira-kira apa ya alasan mereka? Apakah prospek jurusan matematika sangat cemerlang? Yuk kita bahas satu persatu!

Jurusan Matematika Bisnis

Jurusan matematika adalah ilmu tentang angka dan perhitungan. Prinsip dan hasil perhitungan matematika sering dijadikan patokan dalam memprediksi peristiwa alam seperti; gerhana matahari, gunung meletus dan banjir. Matematika juga digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah teknologi. Salah satu contoh teknologi yang erat hubunganya dengan matematika adalah teknologi komputer.

Apakah kamu cocok masuk jurusan ini?

Pintu jurusan matematika terbuka lebar untuk kamu yang tertarik dengan dunia matematis. Selain itu, kamu juga harus mempunyai kepribadian tertentu sebelum akhirnya meminang matematika. Pertama, kamu harus punya suku cadang kesabaran dan ketelitian banyak. Kamu juga akan dibentuk menjadi seseorang yang detail dan pekerja keras. Selain itu, logika yang kamu miliki akan lebih berkembang dibandingkan dengan mahasiswa-mahasiswa lainya.

Prospek Lulusan Jurusan Matematika.

Dalam survey yang dilakukan oleh Careercast pada tahun 2014 yang lalu lulusan jurusan matematika dapat mengumpulkan $101.360 dalam satu tahun. Jumlah lapangan pekerjaan untuk para ahli matematika juga akan tumbuh sebesar 23 % sampai tahun 2022. Nah, apa saja sih profesi yang bisa kamu raih apabila kamu kuliah di jurusan Matematika Bisnis?

Aktuaris

Aktuaris biasa bekerja dalam sebuah perusahaan asuransi atau jasa pelayanan financial. Dengan kemampuan analisa yang mereka miliki, para aktuaris bertugas untuk memprediksi kejadian dimasa mendatang ( Dalam bidang bisnis atau pribadi) dan meminimalisir resiko

Analis Riset Pasar

Keahlian menghitung dan menganalisa para matematikawan akan sangat berfungsi saat mereka menjadi analis riset pasar. Hasil perhitungan mereka pada penjualan, kegitan marketing dan production cost akan membantu peusahaan memutuskan langkah bisnis selanjutnya.

Peneliti Survey

Sebuah survey mustahil sukses tanpa seorang ahli matematika. Kemampuan statistik mereka sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan pengumpulan data ini. Setelah terkumpul, para peneliti survey akan mulai bekerja dan menganalisa hasil survey.

Penasihat Keuangan

Penasihat keungan akan membantu client merencanakan keuangan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Posisi ini hanya bisa diisi oleh mereka yang mengenyam pendidikan matematika.

Guru atau Dosen

Untuk menjadi seorang guru maupun dosen matematika, kamu harus menyelesaikan pendidikan sampai program master. Setelah itu, kamu bisa berdiri di depan sebuah kelas dan mulai mendidik mahasiswa baru.

 

Wah.. ternyata prospek kerja jurusan Matematika Bisnis ini sangat menjanjikan ya! Gimana? Kamu tertarik kuliah di jurusan Matematika Bisnis?

 

Sumber: http://www.vistaeducation.com/news/v/all/jurusan-matematika-dan-prospek-karir

Artikel Lain view all stories