Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Arsitektur! Kamu Pilih yang Mana?

03 Feb 2018
Share on Facebook
Share on Twitter


Secara umum arsitektur adalah seni dan ilmu dalam mendesain atau merancang bangunan. Vitrubius dalam bukunya De Architectura (sumber tertulis tentang arsitektur paling tua) menyatakan bahwa suatu bangunan harus memiliki nilai keindahan/estetika (venutas), kekuatan (firmitas) dan kegunaan/fungsi (utilitas). Seorang arsitek (orang yang bergelut dalam bidang arsitektur) harus menerapkan keseimbangan antara ketiga aspek tersebut pada bangunan yang dia rancang. Untuk merancang suatu bangunan, menurut Vitruvius, seorang arsitek dibekali dengan kemampuan matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, dan sebagainya. Pengetahuan tersebut penting untuk memperkaya dan menjadi sumber inspirasi bagi sang arsitek. Nah, untuk kamu yang berminat di jurusan artsitektur, yuk simak bagaimana prospek kerja jurusan arsitektur!

 

 

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Sebagian bidang keprofesian, jurusan arsitektur menghasilkan lulusan profesional-profesional di bidnag arsitektur. Namun untuk dapat bekerja sebagai seorang arsitek profesional, seorang lulusan jurusan arsitektur harus mengikuti program pendidikan keprofesian (umumnya satu tahun). Jika tidak mengambil keprofesian, lulusan jurusan arsitektur dapat menjadi asisten arsitek pada perusahaan konsultan arsitektur. Seorang arsitek juga bisa memasarkan karyanya melalui dunia online. Secara umum, prospek kerja jurusan arsitektur sangat besar, mengingat kebutuhan manusia akan bangunan terus meningkat karena jumlah manusia terus meningkat.

 Terdapat banyak prospek lapangan pekerjaan yang bisa dipilih oleh seorang lulusan arsitektur. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

Konsultan Arsitek Mandiri

Lulusan jurusan arsitektur dapat bekerja mandiri atau freelance. Produknya bisa dalam bentuk rancangan, bisa juga berperan dalam tahap pembangunan rancangannya. Arsitek perancang dan pembangun biasanya bertanggung jawab juga dalam hal erizinan bangunan, kadang bekerjasama dengan pemilik modal. Biasanya juga mempekerjakan mandor dan berhubungan dengan pemasok bahan bangunan. Arsitek yang ingin bekerja sendiri bisa menjadi freelance, bisa juga mendirikan perusahaan sendiri seperti biro konsultan arsitektur, perusahaan pengembang perumahaan (developer), perusahaan kontraktor, atau perusahaan manajemen konstruksi.

 

Menjadi Arsitek di Biro Konsultan Arsitek Orang lain

Bisa menjadi pegawai tetap atau kontrakan, tugas arsitek bisa saja menjadi bagian dari tim atau menangani keseluruhan rangkaian proses desain. Terdapat beberapa peran yang biasanya dapat diambil oleh seorang arsitek yang bekerja di biro konsultan arsitek, misalnya Designer architect, project architect, computer specialist, construction documenter, specification writer, cost estimator, building controller.

 

Perusahaan Developer

Pada perusahaan developer atau pengembang perumahan, seorang arsitek bisa bekerja sebagai perancang bangunan yang akan didirikan pengembang dan bisa juga ikut bertanggung jawab dalam pengawasan lapangan proses pembangunan rancangan yang sudah dibuatnya.

 

Perusahaan Kontraktor

Arsitek yang bekerja di perusahaan kontraktor bisa berperan sebagai perancang maupun pelaksana pembangunan rancangan arsitek lain sesuai permintaan klien. Tugas atau peran arsitek pada perusahaan kontraktor bsia lebih bervariasi hingga ke tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan arsitektur seperti pembelian lahan, bagian marketing hingga administrasi seperti pembuatan kontrak.

 

Sebagai pegawai Negeri Sipil

Seorang lulusan jurusan arsitektur juga bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti di kementrian pekerjaan, kementerian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota.

Masih banyak bidang lain yang bisa diakses oleh lulusan arsitektur, misalnya:

         Bidang pendidikan, dengan menjadi guru sekolah menengah kejuruan, atau menjadi dosen di perguruan tinggi.

         Perbankan, arsitek bisa bekerja di dunia perbankan, terutama di bagian kredit perumahan rakyat atau KPR.

         Media, seorang arsitek bisa bekerja di dunia media masa dengan menjadi wartawan atau penulisan terutama yang berhubungan dengan arsitektur.

 

Itulah sedikit gambaran tentang perkuliahan dan prospek lapangan kerja jurusan teknik arsitektur yang saat ini semakin berkembang. Let?s reimagine! Kalau kamu kuliah di jurusan arsitektur, profesi apa yang ingin kamu jalankan setelah lulus nanti?

Artikel Lain view all stories