Mau jadi Systems Analyst? atau Web Developer?

08 Feb 2018
Share on Facebook
Share on Twitter

 

 

Program Studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan sistem informasi, seperti Algoritma, Data dan Teknologi. Program Studi ini mempunyai prospek kerja yang cukup baik, karena disaat seperti sekarang ini dimana segala hal teknologi disekeliling kita semuanya berkaitan dengan sistem informasi.

         Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti: Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Algoritma dan Pemrograman, Matematika Diskrit, Sistem Operasi, Kalkulus dan Aljabar Linier, Pengembangan dan Implementasi Perangkat Lunak, dan lain sebagainya. Jadi, program studi ini sangat cocok bagi kamu yang senang dengan oprek-oprek software computer dan tertarik di bidang teknologi!

Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan Sistem Informasi :

 

1. System Analysist

System analysist adalah orang yang bertugas untuk menganalisis segala hal tentang sistem operasi atau informasi dari suatu badan/lembaga/perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Seorang Sistem Analis ini bisa secara khusus jadi bagian dari perusahaan tersebut, ataupun berdiri sendiri dan mengerjakan proyek analis sistem informasi si sebuah perusahaan.

 

2. IT Manager

Setiap perusahaan saat ini pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sistem informasi dan teknologi komputer yang mendukung lancarnya pekerjaan dari sebuah perusahaan. Lulusan dari Sistem Informasi juga diproyeksikan untuk bisa menjadi IT manajer karena dibekali kemampuan skill dan belajar juga manajemen.

 

3. Database Administrator

Selanjutnya, lulusan dari sistem informasi juga bisa bekerja sebagai Database Administrator atau yang lebih sering dikenal sebagai Admin yang memegang komputer dan mengelola data-data dari sebuah perusahaan, data-data ini harus diatur dan dirapikan untuk menunjang kemudahan informasi untuk bagian-bagian lain dari perusahaan tersebut.

  

4. Web Developer/Programmer

Web Developer ataupun Programmer sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda, tapi memang sangat berkaitan. Web Developer adalah pekerjaan pemogramman yang berkaitan dengan proses membentuk atau membuat sebuah web/website. Menjadi Web Developer ini bisa saja bekerja mandiri atau freelance, atau bergabung dengan perusahaan jasa Web Developer.

Programmer ini adalah orang yang mengerjakan pengembangan sebuah perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan. Sama halnya dengan Web Developer, tentu saja seorang programmer bisa bekerja mandiri maupun bergabung dengan perusahaan jasa pengmebang perangkat lunak ataupun sebuah perusahaan start up.

 

5. Konsultan IT

Saat ini dunia IT semakin besar dan membuat dunia IT ini sebagai salah satu bidang yang memerlukan banyak profesional, termasuk Konsultan IT. Konsultan IT ini merupakan orang/lembaga yang bergerak di bidang jasa pelayanan konsultasi tentang IT (Web Development, Software, Elektronik, Sistem Informasi dll). Kamu bisa menjadi konsultan mandiri, maupun bekerja di sebuah perusahaan Konsultan IT.

 

6. Peneliti

Sekarang dunia IT menjadi bisnis yang sangat besar, sehingga tentu saja dibutuhkan banyak penelitian untuk meningkatkan kualitas dari sebuah produk IT. Kamu bisa mnejadi seorang peneliti di sebuah perusahaan besar, yakni masuk ke bagian Research and Development, ataupun jika kamu ingin menjadi peneliti mandiri yang mengerjakan proyek penelitian untuk perusahaan-perusahaan/lembaga tentu saja bisa dilakukan.

 

7. PNS

IT bukan saja berhubungan dengan perusahaan, tentu saja negara juga sangat berhubungan dengan IT. Jika kamu lulusan dari Sistem Informasi, kamu bisa langsung melamar CPNS di beberapa Instansi Pemerintahan, namun Instansi yang paling berkaitan dengan keahlian kamu adalah Kementrian Komunikasi dan Informatika.

 

8. Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha adalah hak setiap otang, apalagi jika kamu mempunyai passion untuk menjadi seorang pengusaha. Tentu saja menjadi pengusaha di bidang IT adalah bidang usaha yang paling sesuai dengan skill dan ilmu yang kamu ketahui.

 

9. Dosen/Pengajar

Menjadi seorang Dosen atau Pengajar bisa saja menjadi passion bagi beberapa orang. Fresh Graduate yang mempunyai skill IT yang juga menjadi kebutuhan bagi banyak sekolah dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan SMA, dan tentu saja jika kamu mau menjadi seorang Dosen saat ini kamu harus terlebih dahulu memiliki gelar S2.

 

Itulah beberapa prospek kerja dari lulusan Sistem Informasi. Selain beberapa prospek kerja tersebut, tentu saja lulusan apapun bisa bekerja di bidang apapun sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Nah, kalau kamu berminat untuk masuk jurusan ini dan ingin tahu lebih lanjut mengenai Program Studi Sistem Informasi ini, yuk datang ke acara ini!

 

 

 

Sumber: http://www.kampuscenter.com/prospek-kerja-lulusan-sistem-informasi/

 

 

Artikel Lain view all stories