Mahasiswa DKV Kalbis Institute Gelar Pameran Hasil Karya

10 Feb 2018
Share on Facebook
Share on Twitter


 

Mahasiswa DKV Kalbis Institute menggelar acara Desainvoria, yang diadakan pada tanggal 7-8 Februari 2018 di Lobby Kalbis Institute. Tanggal 7 Februari 2018 Desainvoria dibuka dengan sambutan dan pengguntingan pita oleh Bapak Dr. Hadi Sutopo, S.Kom., M.M.S.I selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif. Pada tanggal 8 Februari 2018 diadakan live drawing, dimana para mahasiswa DKV secara serentak menggambar di Lobby Kalbis Institute.

Desainvoria diambil dari kata “Euforia” yang artinya perayaan, dengan bersenang-senang. Seperti halnya mahasiswa DKV, terkadang dalam mencipta suatu karya jika hasilnya baik maka mereka akan ber-euforia. Penyederhanaan FORIA menjadi VORIA melambangkan V itu adalah Visual. Perayaan atau pameran visual karya terbaik mahasiswa DKV Kalbis. Pemilihan warna kuning secara pengertian yaitu memberi arti kehangatan, rasa bahagia, dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain (bermain dengan karya). Dengan kata lain, warna ini juga mengandung makna optimis, semangat, dan ceria. Dari sisi psikologi keberadaan warna kuning dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental juga melambangkan keceriaan, menyesuaikan dengan kata serapan euphoria yang dipilih yaitu perasaan senang.

Ide ini dicetuskan oleh Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual, yaitu Bapak Juniar, S.Sn., M.Ds. Beliau memberikan ide untuk menggelar pameran hasil karya para mahasiswa DKV Kalbis Institute. Ide yang dieksekusi oleh mahasiswa DKV ini memakan waktu persiapan sekitar 3 minggu. Mereka ingin menyampaikan bahwa DKV tidak hanya sekedar menggambar, tetapi DKV juga memiliki berbagai teknik dalam menciptakan hasil karya.  Pameran ini memajang berbagai hasil dari beberapa mata kuliah seperti creative development, nirmana, teori warna, core fundamental drawing, dan komputer grafis. Karya-karya yang dipajang dalam pameran ini merupakan karya terbaik pilihan dosen DKV.  Selain memperlihatkan hasil karya, dengan diadakannya pameran Desainvoria ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan jurusan DKV Kalbis Institute di kalangan global dan dapat menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa untuk memilih jurusan perkuliahan mereka.

Artikel Lain view all stories