Seminar dan Bedah Buku “Penguasa Dinasti Han Leluhur Minahasa”

05 Mar 2018
Share on Facebook
Share on Twitter





            Selain pameran buku yang diselenggarakan Kalbis Library, berlangsung pula acara Seminar dan Bedah Buku “Penguasa Dinasti Han Leluhur Minahasa”. Kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan kurikulum yang ada di Kalbis Institute, yaitu cinta tanah air. Terbukti tidak hanya peserta umum, namun acara ini juga dihadiri oleh para mahasiswa Kalbis Institute yang ingin menambah wawasan mengenai buku ini.

            Dibuka dengan Tarian Kabasaran khas Minahasa yang menambah daya tarik acara ini. Bapak Dr. Joseph M.J. Renwarin memberikan kata sambutan sebagai perwakilan dari Kalbis Institue. Dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya, Doa Pembukaan, dan Tari Maengket. Dipandu oeh Ibu Lily Widjaja sebagai Moderator, beliau memperkenalkan 3 Pembicara, diantaranya Weliam H. Boseke sebagai Penulis Buku Penguasa Dinasti Han Leluhur Minahasa, Prof. Dr. Perry Rumengan, M.Sn. selaku Guru Besar  Etnomusikolog, Dr. Benni E. Matindas selaku Budayawan Minahasa, serta 2 penanggap dari pembaca buku diantaranya Max Wilar Ph.D dan Mayjen TNI Ivan R Pelealu, SE., M.M.


            Buku ini merupakan buku penemuan penulis atas pencariannya di tanah Minahasa. Berbekal dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ditemukan, penulis tertarik menjadikannya sebuah buku yang dapat memberi ilmu bagi banyak pembaca. Fokus dalam seminar dan bedah buku ini adalah pemaparan bukti kesamaan bahasa dan bukti pendukung lain adanya hubungan antara masyarakat Minahasa dan Dinasti Han sebagai Leluhur Minahasa.

            Selesai pemaparan materi dan tanggapan bagi para pembaca, peserta juga diberikan kesempatan  dalam sesi tanya jawab. Banyak peserta yang bertanya dan ingin menggali ilmu lebih lagi dari penulis. Di akhir acara, kembali tampil atraksi Maengket yang merupakan budaya khas Minahasa.

Artikel Lain view all stories