Mahasiswa Broadcasting Kalbis Institute Raih Juara II Kompetisi Live Report di Televisionair 3.0 UMN

23 Mar 2018
Share on Facebook
Share on Twitter


Kurnia Dwi Alfianto (Broadcasting 2015) KALBIS Institute berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi Live Report kategori umum Tingkat Nasional dalam TELEVISIONAIR 3.0 yang diselenggarakan oleh UMN TV di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang pada Jumat, 16 Maret 2018.

Kompetisi Live Report merupakan bagian dari serangkaian acara TELEVISIONAIR 3.0 yang diadakan oleh UMN TV setiap tahunnya dimana tahun ini merupakan tahun ketiganya. Pada TELEVISIONAIR 3.0 kali ini tidak hanya kompetisi Live Report yang dilombakan, tetapi dimeriahkan juga dengan beberapa seminar dan kompetisi lainnya. TELEVISIONAIR 3.0 dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari Rabu, 14 Maret 2018 hingga Jumat, 16 Maret 2018 yang dilaksanakan di Gedung B Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang.

Dalam acara ini Program Studi Ilmu Komunikasi KALBIS Institute mengirimkan 4 peserta untuk kompetisi Live Report yang diikuti oleh sekitar 20 peserta dari berbagai Universitas. Kompetisi Live Report ini menghadirkan empat juri praktisi yang kompeten di bidangnya, yaitu Skolastika Sylvia ? News Anchor Liputan 6 SCTV, Maria Anneke ? Jurnalis dan Broadcaster Kompas TV, Raymond Kaya ? Executive Producer Liputan 6 SCTV, serta Veronika Kaban ? Dosen Jurnalistik UMN.

Kompetisi Live Report kategori umum dilaksanakan dengan dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final yang berlangsung pada hari yang sama. Keempat peserta yang mewakili KALBIS Institute, yakni Kurnia Dwi Alfianto (Broadcasting 2015), Vania Frederica  (Broadcasting 2015), Eirene Deborah  (Strategic Communication 2015), dan Lulu Pranidhar (Broadcasting 2017) mengikuti babak penyisihan yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB di Studio TV UMN. Sebelum dimulai, para peserta diberikan pembekalan oleh para juri. Para peserta kemudian secara bergiliran mengambil nomor urut tampil serta topik yang harus dibawakan. Ada tiga topik yang harus dipersiapkan oleh peserta sebelumnya yaitu topik politik, sosial, dan budaya. Ketiga topik tersebut dipilih secara acak sesuai dengan undian yang didapatkan para peserta sesaat sebelum penampilan peserta dimulai.

 

Di hari yang sama, dua mahasiswa KALBIS Institute mendapatkan pemberitahuan bahwa mereka berhasil lolos ke babak final , yaitu Eirene Deborah dan Kurnia Dwi Alfianto. Eirene dan Kurnia berhasil lolos ke babak final bersama dengan empat peserta lainnya, tiga orang peserta mahasiswa UMN dan satu orang peserta mahasiswa UIN Jakarta. Keenam peserta yang bertanding di babak final diberikan waktu 30 menit untuk menyiapkan materi live report yang ditentukan oleh panitia, yaitu mengenai pemilihan Gubernur Jawa Barat. Setelah 30 menit mempersiapkan materi yang akan dibawakan, para peserta kemudian mulai menunjukkan kemampuan live report satu per satu di hadapan juri dan disaksikan oleh audiens yang memenuhi Function Hall Gedung A UMN sekitar pukul 17.00 WIB. Selain menyampaikan laporannya, keenam peserta babak final juga mendapatkan pertanyaan seputar materi yang dibawakannya. Setelah keenam peserta selesai menunjukkan aksinya, acara ditutup dengan pengumuman peserta yang berhasil menjadi Juara 1 dan Juara 2 pada kompetisi Live Report ini. Juara pertama live report dimenangkan oleh Diana Valencia (peserta perwakilan UMN) dan Kurnia Dwi Alfianto (mahasiswa KALBIS Institute) berhasil meraih juara kedua.

Semoga prestasi ini bisa menambah semangat dan memotivasi mahasiswa KALBIS Institute untuk terus berkarya dan berprestasi.

Artikel Lain view all stories