Launching dan Bedah Buku Pemrograman Multimedia dengan ActionScript 3.0 Karya Bapak Ariesto Hadi Sutopo

03 May 2018
Share on Facebook
Share on Twitter
 


Kamis, 3 Mei 2018 telah berlangsung Launching dan Bedah Buku “Pemrograman Multimedia dengan ActioScript 3.0” karya Bapak Ariesto Hadi Sutopo. Sosok yang dikenal dengan nama Bapak Hadi Sutopo di kalangan dosen, karyawan, dan mahasiswa merupakan Dekan Falkultas Industri Kreatif Kalbis Institute. Tepat pada 3 Mei 2018 Bapak Hadi meluncurkan buku ketiga belas tentang multimedia yang ditulisnya sendiri. Acara ini dihadiri oleh Rektor Kalbis Institute, rekan dosen, staff, mahasiswa, dan para tamu undangan eksternal dari dalam dan luar negeri lainnya.

Bapak Ir. Sablin Yusuf, M.Sc., M.Comp.Sc. selaku Rektor Kalbis Institute memberikan kata sambutan membuka acara ini. Dilanjutkan sambutan dari pihak penerbit buku. Sampai pada sesi Bapak Hadi memberikan kata pengantar. Bapak Hadi menceritakan bagaimana proses yang dilalui dalam menulis buku ini. Perlu waktu sekitar 2 tahun dari penulisan, proses cetak, dan siap didistribusikannya buku ini. Dalam menulis diperlukan fokus, komitmen, dan konsisten, lanjut beliau. Fokus berarti kita perlu menuangkan segala pemikiran kita untuk menulis, komitemen berarti kita harus bertekad agar buku ini selesai, dan konsisten yaitu memiliki irama yang sama dalam penulisan; tidak menurun ataupun berhenti.

Bapak Muhammad Lufhti Sati merupakan orang yang pernah menggunakan buku Bapak Hadi Sutopo yang lain untuk penelitiannya. Dikesempatan kali ini Bapak Muhammad Lufhti Sati diminta untuk menjadi pembedah buku ketiga belas Bapak Hadi Sutopo. Bapak Lufhti menjelaskan satu per satu bagian, mulai dari bagian cover, typografi, penulisan, hingga isi buku. Ada beberapa bagian yang menurut beliau sudah baik dan menarik, namun ada beberapa bagian yang semestinya masih bisa dikembangkan.

Acara berjalan cukup menarik, antusias peserta terlihat dari begitu banyak pertanyaan yang diajukan ke Bapak Lufhti dan Bapak Hadi. Peserta merasa puas, bangga, dan beruntung dapat menjadi bagian dari acara ini. Sesi tanya jawab diakhiri dengan pembagian goody bag dari MC bagi peserta yang pertanyaannya menarik menurut narasumber. Di akhir acara, Rektor Kalbis Institute membagikan goody bag kepada Bapak Ariesto Hadi Sutopo dan Bapak Muhammad Lufhti sebagai ucapan selamat dan terima kasih. Ditutup dengan berfoto bersama seluruh perserta, narasumber, pembedah, dan Rektor Kalbis Institute.

Artikel Lain view all stories