Kalbis Tax Competition 2018

14 May 2018
Share on Facebook
Share on Twitter

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Kalbis Institute (KIAS) menyelenggarakan Kalbis Tax Competition 2018 atau yang biasa disingkat KTC 2018. KTC ini merupakan salah satu program kerja KIAS berupa kompetisi perpajakan tingkat perguruan tinggi yang setiap tahunnya terselenggara di bulan Mei. KTC 2018 ini adalah kali ketiga diadakan, tepatnya pada 3 ? 5 Mei 2018 dan diikuti oleh  76  tim dari 21 perguruan tinggi se-Indonesia, diantaranya PKN STAN, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara,  Universitas Brawijaya, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Negeri Semarang, Institut STIAMI, Universitas Islam Kadiri, Universitas Telkom, Universitas Batik Surakarta, STMIK Bina Insani, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Diponegoro, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Madura, dan Universitas Trilologi. Pentingnya akan kesadaran dan pemahaman terhadap pajak, panitia KTC 2018 mengangkat tema “Generasi Muda Peduli Pajak” dengan maksud agar para penerus bangsa peduli terhadap pajak yang merupakan roda utama perekonomian negara. Kegiatan kompetisi ini berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu perpajakan yang didapat selama perkuliahan. Selain itu, melalui KTC 2018 diharapkan dapat menguji tingkat kemampuan mahasiswa tidak hanya secara konsep tetapi juga kemampuan secara teknis, khususnya di bidang perpajakan.

Kompetisi diawali dengan Babak Preliminary Online yang diselenggarakan di website www.kiascompetition.com pada 20 April 2018. Peserta diberikan 50 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam waktu 3 jam. Keesokan harinya, panitia mengumumkan TOP 30 yang berhak lolos ke Main Round dan bertanding di Kalbis Institute Jakarta.

Selanjutnya para peserta TOP 30 mengikuti Technical Meeting pada 3 Mei 2018 sore hari di Kalbis Institute untuk mendengarkan ketentuan perlombaan dari panitia. Keesokan harinya, pertandingan dimulai. 30 Tim bertanding di Babak Penyisihan Sesi I (Satu Dari Empat) dan Penyisihan Sesi II (Cerdaskah Kamu?) untuk menyisakan 20 tim terbaik di babak perempat final. Kegiatan kompetisi pada 4 Mei 2018 ini juga diselingi dengan Talkshow Perpajakan bertemakan “Penerapan Pajak Dalam E-commerce” yang mengundang perwakilan dari Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Jakarta Timur dan Konsultan Pajak. Talkshow yang diikuti oleh 187 peserta internal dan eksternal serta dihadiri oleh 13 Dosen Kalbis Institute berlangsung di Lobby Lt. 1 Kalbis Institute. Di akhir acara, panitia mengumumkan TOP 20 yang lolos ke Babak Perempat Final dan akan lanjut bertanding pada 5 Mei 2018.

Keesokan harinya, para peserta berkumpul di Ruang Seminar Lt. 6 Kalbis Institute untuk memulai kegiatan kompetisi. Babak Perempat Final : Temukan Petunjuknya merupakan tahap dimana setiap anggota harus mengerjakan soal secara individu untuk mendapatkan clue yang akan berguna bagi anggota lainnya. Babak Perempat Final ini menyisakan 10 tim terbaik untuk lanjut ke Babak Semifinal. Babak Semifinal : Gantian Yuk! berupa pengerjaan soal secara individu oleh setiap anggota dengan cara estafet. Babak Semifinal ini hanya menyisakan 3 tim terbaik untuk lanjut berjuang di Babak Final. 3 Tim yang telah terpilih diantaranya berasal dari PKN STAN (2 tim) dan Universitas Indonesia (1 tim). Babak Final yang terdiri dari 2 sesi, yakni Sesi I (Adu Cepat Siapa Dapat) dan Sesi II (Jadilah Juara!) berlangsung sangat menegangkan. Masing-masing tim berusaha untuk memberikan kemampuan terbaiknya untuk memperebutkan kedudukan Juara 1, 2, dan 3. Hingga pada saat pengumuman pun tiba, akhirnya tepilihlah Tim PKN STAN JUARA sebagai Juara 1, Tim UI A sebagai Juara 2, dan Tim FAFIFU STAN sebagai Juara 3 Kalbis Tax Competition 2018.

Artikel Lain view all stories