Ini Dia Ragam Profesi Arsitek

12 Jul 2018
Share on Facebook
Share on Twitter

 


Apa yang terlintas di benak kita jika mendengar profesi arsitek? kebanyakan dari kita pasti berpendapat profesi di dunia arsitek hanya sebatas merancang bangunan. Padahal, dalan kenyataanya, dunia profesi arsitek memiliki beragam cabang profesi lainya. Saat ini para lulusan jurusan arsitektur tidak melulu berprofesi sebagai arsitek bangunan. Berikut beberapa daftar profesi yang bisa digeluti para mahasiswa arsitektur di kemudian hari :

 


1. Arsitek Lansekap

 

 The New Zen Garden oleh Marc Peter Keane

Sumber : https://www.gq.com/story/5-greatest-landscape-designers

 

Apabila arsitek pada umumnya mendesain bangunan, maka arsitek lansekap lebih memfokuskan diri mereka pada desain luar ruangan. Lingkup desain yang dikerjakan biasanya meliputi pertamanan dan penataan area luar baik beliputi softscape (semap, perdu, pohon) maupun hardscape (lampu taman, pedestrian, sculpture). Pada umumnya para profesi ini  bekerja dibawah konsultan yang khusus menangani desain lansekap.   

 


2. Project Manager



(http://www.hameister-architects.com/project-manager/)


Tugas utama seorang project manajer adalah untuk mengawal berlangsungnya proses desaign hingga konstruksi dari awal hingga akhir. Seorang project manajer tidak hanya harus menguasai desain secara teori, tetapi juga harus mengetahui implementasinya di lapangan. Pada umumnya, karir sebagai seorang project manager diperole apabila seseorang telah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni di bidang tersebut.


 

3.       3. Interior Designer



Interior The Charles Residence, Manhattan oleh David Collins
Sumber gambar :http://www.davidcollins.com/

Istilah interior desainer tidak asing lagi bagi masyarakat. Interior desaine adalh desainer khusus yang mendesain interior suaru ruangan. Apabila pada umumnya Arsitek berfokus mendesain wujud suatu bangunan, maka desainer interior berfokus pada detail masing masing ruangan dalam sebuah bangunan. Selama masa perkuliahan di jurusan arsitektur, sebenernya mahasiswa telah dibekali dengan dasar dasar desain interior, sehingga setelah menyelesaikan studi mereka bisa menekuni profesi ini dengan bekal yang cukup.

           

 

4.       4. Furniture Designer


(Barcelona chair by Ludwig Mies van der Rohe )

Sumber : https://www.complex.com/style/2012/03/the-25-furniture-designers-you-need-to-know/13)


Seperti namanya, furniture designer adalah mereka yang menggeluti profesi sebagai perancang furnitur. Apabila interior designer merancang desain interior suatu ruangan, maka lingkup kerja furniture designer ini lebih spesifik lagi. Umumnya mereka bekerja di perusahaan furniture, namun tidak menutup kemungkinan terdapat biro konsultan interior yang memiliki slot khusus untuk profesi ini.


 

 

5.     5.   Arsitek untuk bangunan konservasi



 

26-31 Charlotte Square

Sumber : https://www.simpsonandbrown.co.uk/architecture/leisure-commercial/charlotte-square/


Profesi arsitek yang satu ini kurang populer di kalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Profesi ini pada umumnya berkecimpung sebagai researcher atau bekerja dengan pemerintah daerah untuk mengurus bangunan bersejarah yang memerlukan proses konservasi.

 

6.

  3D6.  3D artist


Sumber : www.festyagusti.com

 

Profesi lain yang mungkin masih jarang terdengar adalah 3D Artist. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka perusahaan arsitektur berlomba lomba untuk menghadirkan visual yang menarik demi merebut perhatian klien. Disinilah 3D artist berperan untuk mewujudkan hal tersebut. Seorang 3D artist bertudas untuk membuat visualisasi dari desain seorang arsitek. Hasil karya mereka bisa menampilkan wujud bangunan secara nyata dengan bantuan konputer grafis.  

Artikel Lain view all stories