Kenapa Luas Segi Empat itu Panjang Kali Lebar?

24 Jul 2018
Share on Facebook
Share on Twitter




Pertanyaan yang sepele namun apakah kita semua sudah mengetahui jawabannya? Mari kita mulai dengan menghitung kotak-kotak di bawah ini :


Baris ada 3 {1,2,3} , kolom ada 3 {A,B,C} .

Jumlah kotak = 3 (baris) x 3 (kolom) = 9 kotak.

 

Nah, kita bisa menerapkan cara ini menghitung jumlah kotak ketika menghitung luas.

 

Kenyataannya, kita tidak memakai istilah “baris-kolom”. Orang lebih sering menyebutnya “panjang-lebar” dengan ukuran “cm-cm”, “inchi-inchi”, dsb. Sekarang, ketika ada bidang yang berukuran panjang 3 cm dan lebar 2 cm, tolong bayangkan benda tersebut punya 3 kolom dan punya 2 baris. Tiap-tiap per baris dan per kolomnya mempunyai jarak “1cm”.

 

Bentuknya jadi seperti ini :



Jumlah kotak = 3 kolom x 2 baris = 6 kotak

Luasnya = Jumlah kotak = 3 cm (panjang ) x 2 cm (lebar) = 6 .

 

Intinya, panjang bisa “dilihat” sebagai kolom, lebar sebagai baris. Dengan cara ini secara tidak sengaja kita telah mengukur luas bidang dengan “membandingkan” dengan suatu kotak yg ukurannya . Ternyata bidang tersebut sebanding dengan 6 buah kotak.

 

Kesimpulan. Cara mengukur suatu benda bisa dilakukan dengan cara membandingkan benda tersebut dengan benda lain sebagai patokan. Contohnya kita bisa mengukur berat cabai  dengan membandingkannya dengan benda lain, semisal batu. Jika posisi seimbang diperoleh dengan cara membandingkan dengan batu yg beratnya 5 kg maka cabai tersebut beratnya 5 kg. Begitu pun dengan mengukur luas segi empat. Jika luas bidang segi empat tertutupi dengan 5 kotak yg masing masing kotak luasnya   maka luas segi empat tersebut adalah 5 .

 

Quote : Jangan memakai baju dengan ukuran baju orang lain (jangan mengukur kebahagiaanmu dengan ukuran kebahagiaan orang lain).

 

(ditulis juga di belajarkalkulus.com oleh Riad Taufik Lazwardi, M.Si.)
Sumber Gambar miung.com dan wuragil-islamic.blogspot.com

 

Artikel Lain view all stories