Kalbis Institute Gelar Kuliah Umum Bela Negara Untuk Kalbiser 2018

17 Sep 2018
Share on Facebook
Share on Twitter


Tepat pada Senin, 17 September 2018 bertempat di lobby, lt.1 Kalbis Institute, Kalbis Institute gelar Kuliah Umum Bela Negara bagi mahasiswa baru 2018 sekaligus sebagai acara penutup dari rangkaian Kalbispheration Days 2018. Kuliah Umum Bela Negara ini terselenggara dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air di kalangan mahasiswa terkhususnya di lingkungan kampus Kalbis Institute. Acara dimulai mulai pukul 13:30 WIB dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kalbis Institute dan pembacaan nilai-nilai Kalbis Institute oleh Kak Gustaaf Adrianus Walangitang dan Kak Marantika Wiwid selaku MC pada acara tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Ir. Sablin Yusuf, M.Sc., M.Comp.Sc. selaku Rektor Kalbis Institute.

Setelah sambutan Bapak Ir. Sablin Yusuf, M.Sc., M.Comp.Sc., sebanyak 7 mahasiswa sebagai perwakilan dari masing-masing jurusan naik ke atas panggung dan mendeklarasikan Deklarasi Damai Kalbiser 2018 yang secara garis besar menyuarakan perihal mahasiswa yang harus berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam melakukan pemberantasan narkoba dan radikalisme, kabar HOAX serta ajakan taat membayar pajak sebagai wujud bela negara di lingkungan kampus.

Acara dilanjutkan oleh empat sesi utama, yaitu pertama sesi BNN (Badan Narkotika Nasional) oleh Bapak Dik dik Kusnadi selaku Kasubdit Media Non Elektronik Deputi Pencegahan BNN. Kedua, sesi ARTIPENA oleh Bapak Ir. Zainal Arifin, MT. selaku pengurus ARTIPENA (Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba). Kedua sesi tersebut sama-sama dimoderatori Bapak S.F.D. Arie Wibowo, S.E., M.M. sebagai Kepala Biro Hubungan & Tanggung Jawab Sosial sekaligus Wakil Sekjen ARTIPENA. Setelah itu, di sesi ketiga dengan dimoderatori oleh Ibu Sofia Andini, B.Acc., M.Ak. ada sesi “Pajak, wujud Bela Negara dan Cinta Tanah Anir” oleh bapak Liberti Pandiangan, S.E., M.Si. selaku Kepala bidang P2 Humas, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Timur. Dan di sesi terakhir ada BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) oleh Bapak Dr. Muhammad Suaib Tahir, MA. selaku Staff Ahli Bidang Pencegahan dimoderatori oleh Ibu Dyah Kusumawati.

Dengan adanya keempat sesi tersebut diharapkan mahasiswa khsususnya Kalbiser memiliki kompetensi tersendiri dalam menghadapi berbagai isu-isu sosial, ekonomi maupun poilitik dan juga semakin proaktif membela negara lewar mencegah dan menanggulangi masalah narkoba, radikalisme, kabar HOAX serta lewat taat membayar pajak.

 

Artikel Lain view all stories