Seminar Psychotest Bersama TopKarir

03 Dec 2018
Share on Facebook
Share on Twitter


Kamis, 22 November 2018, Kalbis Career Center berkolaborasi dengan TopKarir menyelenggarakan Seminar Psychotest yang bertajuk “Understanding and How to Manage the Test”. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Kalbis Institute ini dibawakan oleh Kak Siti Rosmalia selaku Sr. Talent Acquisition Business Partner PT. Kudo Teknologi Indonesia (KUDO).

Umumnya, Tes Psychotest merupakan tes dalam tahap seleksi rekrutmen penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan dan digunakan untuk mendapatkan gambaran karakteristik seseorang terkait personality dan motivasi sekaligus juga dapat menginterpretasikan serta memproyeksikan perilaku pelamar di masa depan. Seminar ini diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama, yaitu sesi materi Psychotest. Kak Siti menjelaskan mulai dari kegunaan pentingnya Tes Psychotest, tipe-tipe Tes Psychotest, tips sebelum menjalani tes hingga trik dalam mengerjakan Tes Psychotest.

Seminar dibawakan dengan gaya santai dan populer menyesuaikan dengan audiensnya, yaitu mahasiswa Kalbis Institute. Antusiasme dari mahasiswa pun terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab pertama. Selepas sesi tanya jawab, tibalah pada sesi simulasi Tes Psychotest berupa tes kepribadian (personality inventory) meliputi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness), yaitu Test DISC (Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance). Di Test DISC, mahasiswa dihadapkan dengan 24 soal dimana setiap soalnya memiliki 4 pilihan jawaban. Mahasiswa diinstruksikan untuk memilih 2 kecenderungan, yaitu yang paling mendekati dirinya (most), dan yang paling tidak mendekati dirinya (least). Setelah 10 menit berlalu, acara dilanjutkan oleh Kak Siti dengan menginterpretasikan hasil jawaban Test DISC yang diambil dari jawaban 2 orang mahasiswa Kalbis Institute. Apakah dia seorang yang dominan, pemberi pengaruh, dapat diandalkan dan teratur atau bahkan si analitis dengan ketelitiannya.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa Kalbis Institute tentang serangkaian tes, persiapan dan juga tips menjalani tes perekrutan tenaga kerja dan kedepannya dapat diimplementasikan dalam seleksi kerja nantinya.

Artikel Lain view all stories