Lokakarya Implementasi Aplikasi Bisnis dengan Odoo ERP

13 Feb 2019
Share on Facebook
Share on Twitter


Dalam rangka mengimplementasikan software manajemen yang mudah, terintegrasi dan mengotomasi suatu proses bisnis mulai dari produksi, operasi hingga distribusi suatu perusahaan, Selasa (12/2/2019), bertempat di ruang laboratorium komputer AL502, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Kalbis (HIMSI), menyelenggarakan Lokakarya Implementasi Odoo ERP. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Industri Kreatif, Bapak Drs. Hadi Sutopo, S.Kom., M.S.S.I, Kaprodi Sistem Informasi, Ibu Ridha Sefina Samosir, S.Si., M.Kom., beberapa peserta eksternal, dan tentunya puluhan mahasiswa jurusan Sistem Informasi Kalbis Institute.

            Pembicara yang dihadirkan pada kesempatan tersebut adalah Muhammad Syarif selaku Software Engineer Warung pintar yang juga sebagai penggiat Odoo. Dalam paparannya, Syarif menjelaskan Odoo merupakan aplikasi bisnis berbasis ERP, yakni sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya serta memberikan banyak penawaran, seperti tersedianya lebih kurang 300-an modul, baik untuk accounting, CRM, sales, inventory, purchase, dan masih banyak  lagi. Sehingga tak heran bahwa sampai saat ini terdapat lebih dari tiga juta pengguna Odoo di seluruh dunia dengan sekitar 5.400 developer.

            “Odoo bisa jadi software manejemen pilihan. Perusahaan dapat mengacu pada data yang sama (customer, suplier, stock, dan keuangan) dan tentunya penggunaan yang mudah untuk kustomisasi modul-modulnya, “ujar Syarif.

            Tidak hanya itu, peserta lokakarya juga melakukan demo software Odoo bersama-sama dengan arahan Syarif.  Dalam implementasi Odoo tersebut, Syarif mengangkat satu kasus sebagai bahan demo, yakni bagaimana perekrutan suatu karyawan dengan menggunakan modul Human Resoure (HR) di Odoo. Sangat pas untuk  melamar pekerjaan dan perusahaan tahu pekerjaan apa yang karyawan inginkan dan kebutuhan perusahaan.  Antusiasme peserta cukup tinggi terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta, yang ingin tahu lebih jauh tentang perbedaan tiap versi Odoo hingga pengimplementasiannya ke dalam bisnis kecil bahkan bisnis start up.

            Acara kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan dan sesi foto bersama seluruh peserta dengan si pemateri. Dengan adanya lokakarya ini, diharapkan peserta mampu mengenal baik Odoo sebagai software manajemen berbasis ERP yang praktis untuk berbisnis dan memungkinkan menjadikannya pilihan software bisnis dari sekian banyak software aplikasi bisnis di pasaran.

Artikel Lain view all stories