Jangan Ragu Pilih Kampus Swasta!

22 Apr 2019
Share on Facebook
Share on Twitter


Tidak diterima SNMPTN? Jangan kecewa! Itu bukan akhir dari segalanya masih banyak alternatif lain untuk tetap melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Salah satunya adalah kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Tidak jarang yang meyakini bahwa PTN pasti lebih baik dibandingkan dengan PTS. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang pada kenyataannya banyak PTS yang hanya menjadi cadangan tempat mereka melanjutkan dunia pendidikannya. Tapi apakah kenyataannya selalu demikian? Pandangan masyarakat bahwa PTN lebih baik dibanding PTS tidak sepenuhnya benar. Banyak hal yang menjadi aspek penilaian kualitas universitas di Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sempat menyebutkan beberapa negara maju yang justru universitas terbaik dikelola swasta contohnya Universitas Harvard dan Universitas Columbia.

 

Berikut ini keungulan-keunggulan dari kampus swasta yang perlu kamu ketahui.

1.      Fasilitas

Kuliah di kampus swasta memang biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada universitas negri. Jadi,sudah selayaknya kamu akan mendapatkan fasilitas penunjang yang baik dan sesuai dengan apa yang kamu bayarkan. Misalnya dari segi laboratorium atau studio untuk beberapa jurusan kuliah tertentu atau fasilitas kelas yang mendukung proses belajar mengajar seperti AC, layar projector, sampai dengan Wifi/ Hotspot.

 

2.      Kualitas Pendidikan

Kuliah di universitas swasta bukan berarti kamu mendapatkan kualitas pendidikan dibawah kampus negri.Saat ini, banyak universitas swasta memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus. Bahkan kampus swasta mampu mencetak lulusan yang mumpuni dan saat sudah lulus nanti kamu siap untuk menghadapi dunia kerja.

 

3.      Persaingan Dunia Kerja

Lulus dari Universitas negri tidak menjamin kamu untuk mendapatkan pekerjaan

lebih mudah dibandingkan kampus swasta.Karena saat ini dalam dunia kerja hal utama ialah kemampuan,baik hard skill maupun soft skill. Kalau kamu dapat memaksimalkan kemampuanmu selama kuliah untuk mendapatkan IPK yang bagus, maka kamu juga pasti mampu bersaing dengan para lulusan dari kampus lainnya.

 

4.      Kampus Favorit

Tidak bisa kita pungkiri, berkuliah di universitas swasta sudah menjadi tren baru dalam dunia pendidikan.Bahkan,beberapa kampus swasta sudah menjadi kampus favorit banyak orang.Diantaranya melalui unit kemahasiswaan atau himpunan-himpunan mahasiswa didalamnya maka kampus swasta kerap kali menjadi kampus favorit banyak orang.

 

5.      Biaya Kuliah Jelas

Di kampus swasta keuntungannya adalah dalam biaya rincian dana untuk kamu berkuliah sudah jelas tertera pada brosur yang disebarkan.Maka itu sebelum kamu memasuki perkuliahan kamu sudah dapat mempersiapkan dana untuk berkuliah.Tidak hanya itu kalian bisa mendapatkan potongan harga sesuai atau beasiswa jika kalian murid yang berprestasi.

 

 

6.      Jam Kuliah yang Bisa diatur

Hal ini yang benar-benar menjadi keuntungan bagi mahasiswa yang berjiwa pekerja. Jam kuliah dapat kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal yang kamu miliki.

 

7.      Ada Kelas Karyawan

Di kampus swasta juga terdapat program studi yang membantu kamu yang ingin bekerja namun tetap ingin melanjutkan tahap pendidikan perguruan tinggi.Biasanya kelas ini dibuka pada malam hari sehingga mempermudah para pekerja untuk proses belajar dan mengajar yang efektif.

Itu dia keuntungan-keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu memilih kampus swasta untuk menjadi pilihan untuk berkuliah. Gimana? Masih ragu untuk memilih kampus swasta?

 

 

Sumber :

http://www.berkuliah.com/2014/09/6-keuntungan-kuliah-di-kampus-swasta-pts.html

http://news.okezone.com/read/2015/07/15/65/1182405/keunggulan-kuliah-di-kampus-swasta

Artikel Lain view all stories