Kalbis Accounting Competition 2019

23 Apr 2019
Share on Facebook
Share on Twitter

             


              Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi masa kini tepatnya kehadiran revolusi industri 4.0 membawa perubahan pada berbagai bidang pekerjaan dan berbagai lini kehidupan, termasuk dalam dunia akuntansi bisnis. Seorang akuntan profesional berwawasan terbuka dan berkompetensi yang baik dalam menguasai data non-keuangan seperti soft skill maupun hard skill kaitannya dalam teknologi dibutuhkan dalam menjawab tantangan disruptif teknologi saat ini.   

            Dalam mempersiapkan kebutuhan tersebut, meningkatkan kompetensi mahasiswa dan melatih kecakapan serta penguasaan materi akuntansi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMAK) Kalbis Institute menggelar Workshop Accountant in Industrial Revolution Part 4.0 dan kompetisi akuntansi nasional, yakni Kalbis Accounting Competition (KAC) 2019 bagi mahasiswa program Diploma 3 (D3) dan Strata 1 (S1) yang diikuti 60 peserta dan 20 tim dari 12 perguruan tinggi se-indonesia pada 22-23 April 2019. Perguruan tinggi yang terdaftar antara lain, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Trisakti School of Management, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Indonesia, Telkom University, Untiversitas Prasetia Mulya, Universitas Bina Sarana Informatika, Akademi Akuntansi Bina Insani, Universitas Pancasila, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Ilmu sosial dan Manajemen STIAMI serta Politeknik Negeri Samarinda yang merupakan peserta terjauh dari KAC ini. 

            Kalbis Accounting Competition (KAC) 2019 tahun ini mengambil tema “Be a Future Minded Generation and Become a Great Accountant for the Future Ready”, terdiri dari 5 babak penyisihan, yaitu fast and faster, qualified or unqualified di hari pertama, Senin (22/4) dan show your teamwork, make your own light-get the score, serta tic tac toe di hari kedua, Selasa (23/4). Masing-masing babak penyisihan memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda baik dikerjakan secara estafet maupun kelompok. Pada sesi tic tac toe, kompetisi terlihat semakin panas dan ketat. Masing-masing tim saling beradu ketangkasan untuk menjawab dengan benar dan cepat. Sesi ini dibagi menjadi 2 (dua) babak lagi, yakni babak final dan grand final dimana peserta akan diberikan 9 buah koram yang berisikan pertanyaan yang kemudian dijawab secara bergiliran. Babak final diikuti 2 (dua) tim dengan peringkat 3 (tiga) dan 4 (empat) untuk menentukan peringkat 3 (tiga), sementara babak grand final diikuti 2 (dua) tim dengan peringkat 1 (satu) dan 2 (dua) untuk menentukan peringkat 1 (satu) dan 2 (dua).

            Setelah melewati babak final dan grand final, diperoleh tiga pemenang diantaranya, yaitu Juara 1 dari TSM 1 - Trisakti School of Managament, Juara 2 dari ADC UMN – Universitas Multimedia Nusantara, dan Juara 3 dri TSM 2- Trisakti School of Managament. Juara pertama berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000, juara kedua mendapat uang tunai Rp 3.000.000, sementara juara ketiga mendapatkan Rp 2.000.000. Ketiga juara sama-sama mendapat piala, goodie bag dari Emina dan jurnal serta beasiswa spesial S2 Kalbis Institute sebesar 10%.

            Diharapkan dengan adanya KAC 2019 ini dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk mengasah skill dan potensi, serta wadah untuk berbagi pengalaman sekaligus dapat memotivasi peserta untuk menuntut ilmu lebih dalam dan luas lagi.

Selamat kepada para pemenang! Tingkatkan terus prestasi kamu dan ikuti terus kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan Kalbis Institute!

           

Artikel Lain view all stories