Company Visit 2019, Wadah Mahasiswa Belajar dan Perkaya Referensi di Luar Kampus

02 May 2019
Share on Facebook
Share on Twitter


Pada hari Kamis, 2 Mei 2019, mahasiwa Program Studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Komputer Kalbis Institute angkatan 2018 melakukan Company Visit ke sejumlah perusahaan yang berlokasi di Jakarta. Kegiatan Company Visit merupakan program kerja tahunan masing-masing program studi.

Mahasiswa program Broadcasting melakukan kunjungan ke iNews TV, mahasiswa program Strategic Communication ke Museum Tekstil Jakarta, sementara mahasiswa program Akuntansi berkunjung ke PT. Yakult Persada Indonesia dan mahasiswa program Manajemen ke PT. Astra International Tbk. Adapun mahasiswa program Informatika dan Game Computing and Technology melakukan kunjungan ke Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa diajak untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah dan perkembangan perusahaan, menambah wawasan praktis terkait pemahaman secara praktikal dan produktivitas perusahaan, serta pertukaran informasi melalui sesi tanya jawab. Khusus untuk mahasiswa Broadcasting, para mahasiswa diajak secara langsung mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari di kampus seperti melihat dan mengenal proses produksi, mulai praktik memegang kamera dan meliput (shooting) program yang ada di iNews dengan baik dan benar, dikenalkan dengan proses kerja tim kreatif bersama floor director. Dalam proses editing dan broadcasting sebuah produksi, mahasiswa turut diperkenankan untuk masuk ke ruang editing dan master control room (MCR) untuk mempraktikkan dasar-dasar editing video di kelas Graphic Design maupun saat di Pengenalan Produksi Radio dan TV sekaligus belajar mengontrol semua proses siaran yang sedang berlangsung.

Muhammad Farhan selaku mahasiswa Broadcasting yang mengikuti Company Visit mengungkapkan kesenangan dan rasa antusiasnya selama kunjungan berlangsung.

Company Visit ini merupakan cara mahasiswa belajar di luar kampus. Kita jadi tahu praktik nyata dunia kerja sesuai program kita dan menambah referensi serta pengalaman kita di dunia broadcast. Tak lupa kakak-kakak dari tim iNews sangat terbuka dan membimbing sekali. Jadi tambah semangat untuk menekuni bidang ini,” kata Farhan.

Masing-masing kunjungan perusahaan diakhiri dengan sesi pemberian souvenir berupa plakat sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan serta foto bersama mahasiswa, dosen dengan pihak perusahaan.

Artikel Lain view all stories