Internship Preparation Workshop

03 Mar 2017
Share on Facebook
Share on Twitter

 

Kalbis Career Center kembali mengadakan seminar dengan menggandeng topkarir.com sebagai pembicaranya pada hari Jumat, 3 Maret 2017. Seminar ini menghadirkan Ibu Diana Tanu selaku CEO topkarir.com. Tema yang diambil adalah persiapan magang. Beliau membagikan kelebihan, kekurangan hingga tips-tips yang harus dilakukan sebelum memulai magang. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa/i dari angkatan 2014 yang akan menjalani program magang pada pertengahan tahun ini hingga awal tahun depan.

Menurut beliau, bagi Kalbiser yang akan memulai interview untuk magang harus melakukan 3 hal utama seperti mengenali diri sendiri baik secara penampilan ataupun perilaku, bekali diri sendiri untuk menghadapi tantangan didepan anda dan yang ketiga adalah jual dirimu dalam arti positif atas kemampuan yang kamu miliki. Pada saat interview juga merupakan momen penting yang harus dijalani dengan beberapa tips yaitu datang tidak terlambat, ini merupakan hal penting karena sebagai modal awal untuk menarik minat perusahaan untuk mengetahui lebih dalam tentang diri kita. Tips kedua adalah kita harus percaya diri dan tahu betul apa kelebihan yang kita miliki dan jangan lupa untuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut. ?Selalu berpikir dan bertindak positif, komitmen dan proaktif dalam pekerjaan?, tutur Ibu Diana

Semakin sore, peserta semakin antusias mendengarkan materi yang dibagikan karna mereka menginginkan kesuksesan walaupun baru magang dan bukan hanya mendapatkan nilai yang baik tetapi mendapatkan ilmu yang dapat berguna bagi perkuliahannya. Ibu Diana Tanu melihat antusias peserta ini, maka selanjutnya beliau membagikan tips sukses untuk menjadi anak magang. Yang pertama adalah beri kesan pertama yang baik kepada seluruh senior maupun atasan di perusahaan tempat kita magang tersebut, kedua adalah tetap jaga etika diri lalu bertanggung jawab atas kerjaan yang diberikan untuk kita dan yang terakhir bangun relasi sebanyak-banyaknya.

Saat memasuki sesi tanya jawab, peserta seminarpun berebut untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya seperti bagaimana Curiculum Vitae (CV) yang baik dan kreatif. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Ibu Diana yaitu dengan mencantumkan organisasi yang pernah diikuti, sertifikat yang pernah didapatkan dan dibuat secara singkat namun mencakup keseluruhan informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Selain baik, tentunya CV yang menarik adalah CV yang kreatif. Kalbiser boleh menghias CV agar eye catching dan dapat menarik minat perusahaan pada pandangan pertama saat ingin membacanya namun perlu diingat untuk tidak mendominasi hiasan ketimbang informasi tentang diri kita yang akan diberikan untuk perusahaan. Beliau berpesan, ?Lebih baik capek saat masih muda daripada capek di masa tua?. Pesan ini menjadi penutup seminar yang diadakan selama kurang lebih 2 jam ini. Peserta mendapat banyak sekali tips-tips yang pastinya berguna untuk memulai program magang nanti. Sukses untuk Kalbiser!

Artikel Lain view all stories