Workshop Radio Bersama Kenny Djafar

26 Aug 2017
Share on Facebook
Share on Twitter
 


Announcer/penyiar adalah salah satu ujung tombak dari industri radio. Hal ini yang menjadi alasan banyak radio untuk mencari penyiar yang memiliki karakter khas dan bisa menarik minat pendengar akan radio tersebut. Saat ini, profesi penyiar radio banyak diminati kalangan muda karena pengalaman yang ditawarkan cukup menggiurkan, dimana ada tantangan tersendiri apakah penyiar tersebut bisa membuat pendengar “betah” berlama-lama mendengar siaran tersebut.

Sabtu, 26 Agustus 2017, Kalbis Institute kembali mengadakan Workshop Radio bersama Prambors dengan tema “Be a Generation of Stars By Becoming an Announcer” di Ruang Seminar Kalbis Institute. Workshop ini menghadirkan Kenny Djafar yaitu salah satu Announcer dari Prambors Radio sebagai pembicara. Peserta workshop yang hadir mulai dari siswa SMA/K hingga mahasiswa aktif Kalbis Institute.

Pada workshop ini, Kenny berbagi beberapa tips bagaimana menjadi generasi bintang dengan menjadi seorang penyiar. Salah satu hal penting menjadi seorang penyiar adalah harus memiliki self / personal branding. Personal branding terbentuk dari karakter yang kamu miliki, namun untuk menjadi penyiar dibutuhkan karakter yang friendly, dalam hal ini adalah berkomunikasi dengan pendengar secara baik.

Penyiar juga harus bisa memposisikan dirinya sebagai pendengar agar dapat mengerti apakah konten yang dibagikan mudah dapat diterima oleh pendengarnya. Tidak hanya berkomunikasi, seorang penyiar juga harus paham konten serta alat-alat yang digunakan, seperti mixer, mic dan komputer. Hal pendukung lainnya jika ingin menjadi penyiar adalah memiliki vokal yang jelas, mau membaca naskah, bersifat empati dan mau bekerja dalam tim.

Kenny juga membagikan perbedaan antara 2 tipe penyiar yaitu Low Profile DJ dan Special Show DJ. Low Profile DJ lebih sedikit berbicara, namun banyak memberikan musik/lagu kepada pendengar. Tipe ini juga mengantarkan musik melalui perasaan. Sedangkan Special Show DJ lebih kepada konten top chart, olah raga, gosip, berita dan lainnya.

Selain membagikan tips-tips menjadi penyiar yang baik, Kenny juga langsung mengajak peserta workshop untuk praktek langsung menjadi seorang penyiar. Peserta sangat antusias dan aktif selama workshop berlangsung.

Kalbis Institute sendiri memiliki UKM Radio, yaitu K-Vibes Radio yang bisa melatih kamu untuk menjadi seorang penyiar radio loh! Kamu juga bisa langsung belajar gimana caranya menggunakan semua alat yang berhubungan dengan radio di Studio Radio, Lantai 1 Kalbis Institute. Nah, gimana tertarik kah kamu menjadi seorang penyiar?

Artikel Lain view all stories