icon-2-businessincreative

Management in
Business Creative Industry

Program Business in Creative Industry mempersiapkan mahasiswa mempunyai kemampuan memahami dinamika bisnis industri kreatif, mampu merancang rencana bisnis untuk usaha mandiri hingga mewujudkan ide-ide kreatif yang memiliki nilai komersial serta mampu mengelola kegiatan-kegiatan kreatif dalam organisasi.

Mengapa Memilih Business Creative Industry?

Salah satu sektor riil yang sangat layak menjadi prioritas adalah ekonomi kreatif. Presiden Joko Widodo optimistis bahwa ekonomi kreatif kelak menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Berbeda dengan sektor lain yang sangat tergantung pada eksploitasi sumber daya alam, kekuatan ekonomi kreatif lebih bertumpu kepada keunggulan sumber daya manusia. Hal ini dapat dibuktikan dimana UMKM tetap dapat bertahan pada saat krisis yang dialami Indonesia pada tahun 1998. Sektor Industri kreatif meliputi 16 subsektor yaitu :
Ekonomi di Indonesia didominasi oleh 3 Subsektor

Anjar Dwi Astono, S.S., M.M.

Ketua Program Studi Manajemen
Et ipsa scientia potestas est!

Knowledge is Power
(Francis Bacon, 1597)

Program Studi Manajemen Kalbis Institute memiliki beberapa streaming yang mewadahi minat dan bakat unggul calon mahasiswi-mahasiswa, serta mengasahnya menjadi seperangkat kemampuan dasar yang mencakup pegetahuan karakter dan juga pengetahuan khusus. Beberapa streaming tersebut:

  • Business in Creative Industries
  • Business Psychology
  • Digital Marketing
  • Finance Essential

Peluang kerja yang semakin beranekaragam mulai dari pekerjaan formal hingga informal, pekerjaan dalam kantor maupun di luar kantor, perusahaan nasional dan multi nasional maupun wirausaha memberikan gambaran bahwa persiapan yang matang perlu dilakukan. Oleh karena itu, Kalbis Insitute melalui Program Studi Manajemen berusaha menjawab setiap tantangan dan peluang tersebut dalam pengelolaan pendidikan yang unggul.

Kolaborasi antara institusi pendidikan dengan orang tua, dunia industri dan dunia usaha, asosiasi pendidikan dan masyarakat menjadi dimensi yang tak terpisahkan dari tujuan bersama. Oleh karena itu pendidikan sejatinya adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita bersama menjadi kekuatan bersama.

Prestasi Mahasiswa

Kompetisi Bisnis IBN

Business Competition
di Universitas Brawijaya – Malang

Keunggulan Business in Creative Industries Kalbis

  • Dosen Praktisi

    Program Business in Creative Industries memiliki dosen-dosen background dengan pengalaman sebagai entrepreneur, hal ini akan membuat mahasiswa dapat memperkaya ilmu yang didapat dan sangat bermanfaat pada saat mahasiswa ingin merintis usaha start-up nya.

  • Pendampingan Next Center (Inkubator Bisnis)

    Program Business in Creative Industries melalui NEXT Center yang akan mendampingi mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnisnya, serta mengaplikasikannya di kegiatan After Class Market yang rutin diadakan setiap semesternya.

  • Program Sertifikasi

    Bagi mahasiswa yang tertarik untuk menjadi seorang professional, program Business in Creative Industries terus berupaya meningkatkan daya saing lulusan dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan Sertifikasi BNSP

  • Program Double Degree

    Untuk meningkatkan daya saing lulusan di dunia industri, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti program double degree yang bekerjasama dengan universitas dari luar negeri.

Wujudkan cita-citamu Bersama KALBIS Institute.

Testimonial

Client Photo
Ika Suhartanti Darmo Dosen Business in Creative Industry

Yang membuat saya bangga menjadi dosen di KALBIS Institute adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam membangun kewirausahaan yang independent. Meskipun banyak mahasiswa tidak memiliki gambaran mengenai bisnis start-up, setelah mengikuti kurikulum pembelajaran, terbukti bahwa mereka dapat menunjukkan kemampuan design-thinking, market research, membuat prototype, membuat strategi bisnis yang prospektif, dan memperlihatkan komunikasi yang efektif dengan mitra bisnis. Bagi saya, hal-hal tersebut merupakan kepuasan tersendiri sebagai seorang pengajar. Saya menikmati perkembangan mahasiswa dalam pemikiran yang kreatif-inovatif, perbaikan sikap, dan kemampuan berkomunikasi yang meningkat. Saya yakin kemampuan-kemampuan ini tidak hanya mempersiapkan mereka untuk bekerja sebagai seorang yang professional di perusahaan, tapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi wirausahawan muda. Mereka senantiasa siap untuk berkolaborasi dan membantu UMKM untuk maju Bersama membangun kewirausahaan di Indonesia. Sungguh perjalanan yang luar biasa!

Proyek Event Mahasiswa

Creative Day
Di project ini mahasiswa bersama-sama menciptakan sebuah event untuk memperkenalkan 16 sektor industri kreatif ke publik. Sejak pertama kali berlangsung project ini makin berkembang dari event lokal kampus menjadi event yang terbuka untuk umum dengan mengisi panggung budaya di Jakarta Fair Kemayoran.
Youngpreneur

Rangkaian acara bagi para mahasiswa Indonesia mulai dari Seminar dan Workshop yang menghadirkan pebisnis muda inspiratif, sampai dengan lomba business plan tingkat nasional yang berhadiah jutaan rupiah. Ajang Youngpreneur ini cukup prestisius dengan melihat antusiasme pendaftaran peserta dan asal perguruan tinggi peserta yang berasal dari kampus-kampus terbaik di Indonesia.

Research Travelling

Di project ini mahasiswa didampingi dosen akan turun gunung menuju pusat industri kreatif di Indonesia mulai dari Jogjakarta, Bandung, Cirebon dan kota lain-nya untuk mendapatkan inspirasi dan melihat secara langsung bagaimana industri kreatif di Indonesia bekerja sekaligus melakukan penelitian. Dikemas dalam sebuah perjalanan yang fun, project ini biasanya menjadi momen mahasiswa mendapatkan inspirasi untuk menulis skripsinya.

Bisnis Yang Dikembangkan Mahasiswa

Mahasiswa dan lulusan program Business in Creative Industries banyak yang sudah memiliki karir maupun usaha di bidang Industri Krveatif. Berikut adalah beberapa bisnis yang dikembangkan mahasiswa:

  • Rekam Kamar

    Dimulai dari Band Indie, project yang digawangi Kevin Valeryan, Mahasiswa Creative Industry 2017 ini berkembang menjadi label rekaman independen dengan saat ini menggawangi 2 artis dengan puluhan ribu pendengar di platform Spotify.

  • Exxe.id

    Dari sering mengkonsumsi produk kecantikan, Michelle Aurelia, mahasiswa Creative Industry 2014 melihat peluang untuk berbisnis produk kecantikan secara online. Saat ini sudah puluhan ribu produk berhasil dijual Michelle hanya dari satu platform Shopee.

  • Twentyseven.cao

    Berawal dari menjadi dropshipper, saat ini usaha custom tumbler yang dirintis oleh Elsya, Mahasiswa Manajemen 2017, telah berkembang menjadi usaha mandiri dengan omset belasan juta rupiah per bulan-nya.

  • Kardo Arghost

    Darah seni yang mengalir di dalam diri Kardo, mahasiswa Creative Industry 2016 mendorong dirinya untuk berkarya di genre Hip-Hop, saat ini Kardo bisa ditemui di platform YouTube dan Spotify dengantotal view mencapai lebih dari 600,000 viewer dan 6,000 subscriber.

  • T-Carbon Composite

    Hobi mengutak-atik motor membawa Tegar, mahasiswa creative industry 2017 memiliki ide untuk memanfaatkan material carbon composite untuk merintis usaha modifikasi otomotif yang menjadi trend pada tahun 2019 yang lalu.

  • Digi.id

    Kesulitan mendapatkan parkir membuat Oscar dan tim, mahasiswa Creative Industry 2014, mendapatkan ide untuk mengembangkan aplikasi pemesanan parkir secara online. Ide ini membawa Oscar membawa pulang piala juara 1 lomba business plan nasional di Univ. Brawijaya.

Prospek Karir dan Fasilitas

  • Advertising and New Media Professional
  • Branding Specialist
  • Campaign Manager
  • Communication Specialist
  • Creative Entrepreneur
  • Creative Writer
  • Digital Communication Specialist
  • Entertainment Entrepreneur
  • Events and Festivals Coordinator
  • Public Relations Officer/Consultant

Get Our Brochure to See the Program Detail!

MM in Hotel Management S2 Program




    Get Our Brochure to See the Program Detail!

    MM Digital Marketing S2 Program




      Get Our Brochure to See the Program Detail!

      MM Entrepreneurship & Innovation S2 Program




        Get Our Brochure to See the Program Detail!

        MM-MBA in Business Strategy S2 Program




          Get Our Brochure to See the Program Detail!

          Master of Management in Sustainability Development S2 Program




            Get Our Brochure to See the Program Detail!

            Master of Management in Retailing S2 Program




              Get Our Brochure to See the Program Detail!

              Master of Management Digital Business and Fintech S2 Program




                Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                Program S1 Akuntansi




                  Master of Management

                  Gelar:

                  Pasca Sarjana (S2)

                  Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                  Program S2 Master of Management




                    Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                    Program S1 Akuntansi




                      Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                      Program S1 Business Psychology




                        Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                        Program S1 Advertising & Digital Communication




                          Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                          Program S1 Desain Komunikasi Visual




                            Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                            Program S1 Strategic Communication




                              Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                              Program S1 Business in Creative Industry




                                Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                Program S1 Sistem Informasi




                                  Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                  Program S1 Broadcasting




                                    Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                    Program S1 Informatika




                                      Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                      Program S1 Digital Marketing




                                        Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                        Program S1 Finance Essential




                                          Bantuan

                                          Jam Operasional Kalbis Institute:
                                          Senin – Jumat : 08.00 – 17.00 WIB dan Sabtu : 09.00 – 15.00 WIB

                                          Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                          Program S2 Master of Management Digital Business and Fintech




                                            Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                            Program S1 Akuntansi




                                              Master of Management

                                              Gelar:

                                              Pasca Sarjana (S2)

                                              Dapatkan Brosur Kami untuk Melihat Program DetaiI!

                                              Program S1 Finance Essential