Google menjadi salah satu pilihan mayoritas pengguna internet untuk mesin pencarian. Banyak orang menelusuri informasi hanya dengan mengetikkan kata kunci atau keyword yang diinginkan, Google akan memunculkan data dan informasi berkaitan dengan kata kunci itu.

Ketika Anda mengetikkan keyword pada mesin pencari, Google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan apa yang Anda cari.

Karena memiliki segudang layanan, mulai dari mesin pencari “mbah Google”, browser, e-mail, hingga sistem operasi, wajar jika Google menjadi andalan saat ini.

Dengan fungsi mesin pencari Google yang luar biasa membuat banyak orang, termasuk mahasiswa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Mulai dari sumber belajar, sumber traffic ke website atau profil kita, ter-update berita apapun, hingga sumber passive income.

Mesin pencarian nomor 1 di dunia ini juga bisa membuat berita tren ter-update dalam 1 jam yang lalu, 1 hari lalu, di kota tertentu, dan sebagainya.

Karena semua keuntungan itulah mengapa pentingnya untuk kita mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), yaitu salah satu metode marketing online yang tujuannya menaikkan traffic atau pengunjung ke website kita.

“Salah satu caranya dengan mengoptimalkan keyword atau kata kunci yang relevan dengan brand, dan produk yang kita promosikan sehingga bisa tampil pada halaman pertama di mesin pencari Google,” kata Dudung Rahmanto, Head of SEO Lifepal.co.id dalam Webinar yang digelar Kalbis Institute.

Dalam kesempatan sama, Dudung memaparkan bagaimana caranya bisa mengoptimalkan SEO website Anda.

Memaksimalkan SEO

Dengan menggunakan algoritma mesin pencari, Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda sehingga bisa diketahui oleh banyak orang. Hal itu juga berlaku untuk sebuah universitas, di mana memiliki kompetitor dalam industri lain.

Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar para bakal calon mahasiswa tertarik dengan kampus Anda. Salah satu hal yang paling utama untuk menarik perhatian adalah membangun brand awareness di internet.

Untuk melakukannya, Anda bisa memaksimalkan SEO dalam konteks pemasaran digital. Dengan memaksimalkan SEO, dapat membantu universitas Anda mudah dicari di internet lewat pencarian beberapa kata kunci tertentu.

Hanya saja, sebelum bisa mewujudkan strategi ini, tentu saja Anda harus membuat sebuah website terlebih dahulu.

Setelah memiliki website, tentu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memiliki konten yang bagus dan informatif tinggi di website Anda.

Sebab, kebanyakan orang akan mengunjungi sebuah website untuk mempelajari universitas Anda sebelum mendaftar jadi calon mahasiswa.

Untuk itu, penting bagi Anda membuat website yang ramah bagi para calon mahasiswa Anda. Yaitu, berisi mengenai panduan dan informasi jelas untuk diketahui calon mahasiswa.

Strategi yang Bisa Dilakukan

Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan internet sebagai media promosi serta meningkatkan perangkingan website yang dikelola, ada empat langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Temukan problemnya
  • Konten tertulis
  • Konten multimedia 
  • Membuat konten

Untuk membuat konten berkualitas, sebut Dudung, maka harus mencari artikel terkait dengan berlandaskan pada  5 W 1 H = What, Where, Why, Who, When + How.

“Anda hanya perlu membuat konten yang dekat dengan para mahasiswa dan berinteraksi dengan mereka. Sehingga para calon mahasiswa merasa dekat dengan universitas Anda,” imbuh pria yang sudah aral melintang di dunia Digital Marketing sebelum bergabung dengan Lifepal.

Cara Mahasiswa Memanfaatkan Search Engine

Tak hanya berlaku untuk universitas saja, Anda yang berstatus mahasiswa juga bisa memanfaatkan search engine.

Tak hanya untuk kegiatan belajar dan mengerjakan tugas kuliah, memanfaatkan search engine juga bisa memberikan berbagai keuntungan lain, di antaranya:

1. Peluang besar untuk produksi konten-konten seputar jurusan, mata kuliah. Di website

kampus, atau personal blog.

2. Peluang besar untuk monetize, mendapatkan income dari internet, melalui

google adsense, affiliate, online coaching, consultation, ebook, endorse dan sebagainya.

Bangun Visibilitas Sama dengan Membentuk Personal Branding

Memanfaatkan peluang yang ada di internet marketing sebagai penunjang semua kebutuhan mahasiswa bisa memberikan beragam keuntungan, di antaranya:

• Mengukur sejauh atau sebesar apa visibility “kamu”di search engine

• Menggali potensi besar yang bisa dimanfaatkan melalui konten dan SEO.

Mesin pencari juga bisa memberikan beragam manfaat lain bagi mahasiswa, yaitu:

1. Sumber informasi dan sarana belajar dan berkomunikasi gratis.

2. Bisa mencari segala macam artikel menggunakan search basic, dan operator.

Cerita Kesuksesan Seseorang Memaksimalkan SEO

1. Cerita 1

Seorang mahasiswa berusia 21 tahun telah mengantongi Rp800 juta dari jualan online.

“Saya jualan online sudah dua tahun. Produk yang jadi andalan di lapak saya adalah mesin cuci, sepeda motor, mobil portabel yang saya rakit sendiri. Semua berawal dari ‘the power of kepepet’,” kata pemuda yang akrab disapa Andri kepada Tekno Liputan6.com, di Medan, Sumatera Utara, Jumat 10 Agustus 2018.

2. Cerita 2

Menulis di blog, membuat video bisa dapat Rp10 juta-Rp100 juta per bulan dari adsense, affiliate, review product.

3. Cerita 3

Seseorang yang memiliki profesi Digital Marketing Expert di bidang SEO, SEM, Social Media bisa mengantongi gaji Rp40 juta-Rp60 juta per bulan.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand website Anda di Google dengan memanfaatkan SEO.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *