Himpunan Mahasiswa Manajemen dan Informatika Universitas Kalbis telah menyelenggarakan Technopreneur yang dimulai pada tanggal 15-19 Januari 2024 secara offline. Akan tetapi, agar dapat menjangkau peserta secara luas, Technopreneur berganti menjadi diadakan secara online. Technopreneur merupakan sebuah program yang berisi seminar, workshop, serta perlombaan e-sport yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan dari berbagai umur. Dengan membawakan tema “Inovasi Teknologi dalam Bisnis Masa Depan”, kegiatan ini berhasil membawakan seminar dan workshop dengan topik gamifikasi kepada para peserta.

Kegiatan akan diawali dengan perlombaan e-sport, yaitu Mobile Legends pada tanggal 15-18 Januari 2024 dan diakhiri dengan seminar serta workshop pada tanggal 19 Januari 2024. Namun, walaupun perlombaan esport telah diundur menjadi tanggal 11-15 Februari 2024, panitia tetap tidak dapat memenuhi target peserta yang ada. Jadwal perlombaan ini juga sudah semakin dekat dengan jadwal magang beberapa panitia. Oleh karena itu, perlombaan e-sport dengan berat hati ditiadakan untuk saat ini dan akan diteruskan oleh kepengurusan selanjutnya.

Untuk seminar, kegiatan diawali dengan sambutan MC kepada pembicara seminar, yaitu Prof. Dr. Hoga Saragih, S. T., M.T. atau dapat dipanggil dengan Pak Hoga. Ia merupakan seorang dosen dari Universitas Bakrie yang telah memiliki pengalaman mengajar, seminar, dan berorganisasi yang cukup banyak dengan berbagai macam penghargaan. Pak Hoga memulai presentasi seminarnya dengan topik gamifikasi melalui google meet dari pukul 8.40 hingga pukul

9.50 lalu dilanjutkan dengan sesi Q&A. Setelah sesi Q&A selesai, saatnya pengisian evaluasi melalui google form yang diberikan oleh panitia. Pengisian evaluasi ini juga dijadikan sebagai tanda hadir peserta pada seminar tersebut, serta foto bersama. Setelah itu, beberapa peserta yang tidak mendaftar untuk workshop dipersilahkan untuk keluar gmeet. Namun, apabila peserta tersebut berminat, maka ia diperbolehkan untuk mengikuti workshop.

Kegiatan selanjutnya adalah workshop yang dipimpin oleh Irvan Saputra atau dapat dipanggil dengan Kak Irvan. Ia adalah seorang game designer dari Anantarupa Studio. Pada workshop ini, Kak Irvan menjelaskan kembali apa itu gamifikasi, contohnya, serta bagaimana pembuatannya. Kak Irvan juga memberikan kesempatan untuk membuat rancangan gamifikasi kepada para peserta. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Q&A, lalu pengisian evaluasi sebagai tanda hadir peserta dan juga foto bersama. Kegiatan pun berakhir dengan lancar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *