Industri kreatif di Indonesia tengah menjadi sorotan. Setiap tahunnya, sektor ini terus menunjukkan pertumbuhan yang ditandai dengan terus meningkatnya kontribusi sektor industri kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia.

Pada tahun 2019, sektor industri kreatif telah memberikan kontribusi lebih dari 1,2 triliun rupiah terhadap PDB di Indonesia. Angka ini menunjukkan peningkatan mengingat kontribusi sektor ini pada tahun 2018 hanya sebesar 1 triliun rupiah.

Bila sektor ini dikelola dengan baik, tentu kontribusinya terhadap PDB akan terus meningkat. Dengan begitu, bekerja di sektor industri kreatif cukup menarik untuk dijadikan sebagai pilihan karier di masa depan.

Memangnya, karier apa saja yang bisa kamu jalani di industri kreatif? Simak penjelasannya berikut ini.

Event Manager

Seorang event manager bertugas untuk mengorganisir penyelenggaran suatu acara offline, mulai dari proposal dan biaya. Event manager juga bertugas untuk melakukan presentasi kepada klien dan menjaga hubungan baik dengan klien hingga acara berakhir.

Untuk menjadi seorang event manager yang mumpuni, setidaknya kamu perlu memiliki kemampuan strategi pemasaran, negosiasi kontrak dengan klien, memelihara jaringan, melakukan tugas-tugas administratif, serta menjalin relasi dengan pers atau media.

Digital Marketer

Pekerjaan digital marketer membutuhkan proses dan teknik dan tidak mudah. Tidak heran bila pekerjaan ini mampu mendapatkan upah yang berlimpah.

Secara umum, seorang digital marketer bertanggung jawab untuk memasarkan suatu produk secara digital melalui berbagai kanal, seperti search engine optimization (SEO), search engine marketingsocial mediacontent marketingemail marketingvideo marketing, dan lain-lain.

Creative Entrepreneur

Creative entrepreneur adalah sebutan bagi orang-orang yang mengedepankan kreativitas sebagai bagian dari inovasi suatu produk atau jasa. Untuk menjadi creativepreneur, kamu perlu memiliki jiwa wirausaha dan pikiran yang kreatif untuk menghasilkan ide baru yang dapat menghasilkan produk kreatif.

Dengan kreativitas, creative entrepreneur mampu membuat penjualan suatu produk atau jasa, seperti acara seminar, tanaman, pakaian, aksesoris, dan sebagainya, memiliki nilai lebih.

Communication Specialist

Seorang communication specialist bertugas untuk menciptakan hubungan positif dengan klien dan masyarakat menggunakan media seperti rilis pers.

Karena itu, seorang communication specialist akan bertanggung jawab untuk mengendalikan kasus publisitas buruk, menangani permintaan wawancara, mengelola jalur komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi perusahaan, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk dan berkarya di industri kreatif, empat karier di atas bisa menjadi pilihan kariermu di masa depan. Dengan berada di program studi Business in Creative Industries, Kalbis Institute akan membekalimu dengan kemampuan untuk memahami dinamika bisnis, merancang strategi, melakukan pemasaran, serta mewujudkan ide kreatif.

Setiap tahunnya, Kalbis Institute menawarkan beasiswa sampai dengan 100 persen bagi kamu yang memiliki prestasi dan nilai yang baik. Bila kamu berminat masuk program studi Business in Creative Industries dan ingin mendapatkan informasi seputar beasiswa Kalbis, kamu bisa kunjungi www.kalbis.ac.id/admisi/s1 sekarang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *