Wejangan “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” dilaksanakan secara harfiah oleh tiga mahasiswa jurusan Informatika angkatan 2017 Kalbis Institute. Pada hari Rabu, 16 Juni 2021, Kalbis Institute mengundang Mathias Yeremia Aryadi dan Ying Chen yang sedang menjalani program double degree di Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok, dalam sesi Live Instagram mereka untuk mengupas pengalaman tersebut. Bersama Carmelita, seorang mahasiswa Kalbis Institute angkatan 2020 yang bertindak sebagai host, Inspiring Kalbiser Talk Sharing Session ini bertujuan untuk memberi insight tentang program double degree Kalbis Institute dengan Nanjing Xiaozhuang University.

Walaupun sesi pembelajaran mereka masih dijalankan secara online, lika-liku mengikuti pelajaran dari negeri tirai bambu tersebut tetap membawa kesan tersendiri. “Ada tantangannya sendiri karena negara berbeda, budaya beda, bahasa beda” ujar Mathias. Ying Chen juga menambahkan bahwa mereka sempat merasakan culture shock dengan dosen mereka di Nanjing Xiaozhuang University yang sangat disiplin. “Jam 8 kelas, 7:45 dosennya udah ready.” Ujar Ying Chen. Terlebih lagi, mereka terkadang kewalahan menyesuaikan perbedaan zona waktu antara Tiongkok dan Indonesia.

Menurut keduanya, kesempatan emas yang berawal hanya dari coba-coba dan gagasan “I have nothing to lose” ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diraih berkat persyaratan dokumennya yang tidak terlalu rumit. “Ya standar aja, CV, transkrip nilai, waktu itu disuruh bikin esai pendek juga. Gak terlalu banyak sih.” Kata Ying Chen. Meskipun begitu, karena kesempatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Kalbis Institute minimal di semester 4 yang menempuh Program Studi Informatika, akan ada proses seleksi yang cukup ketat dalam memilih ketiga orang yang akan diterima.

Meskipun mereka sedang menempuh pendidikan di negeri asing, sepi adalah konsep yang jauh dari keseharian Mathias dan Ying Chen. Di sana sendiri terdapat banyak mahasiswa dari Indonesia, termasuk sebelas murid di kelas mereka yang bukan dari Jakarta saja. “Ada organisasi ikatan mahasiswa (Indonesia) di sana yang mengayomi kami.” Ujar Mathias. Walaupun terkadang merasa rindu dengan keseharian kelas di Kalbis Institute yang lebih homey, program double degree ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk berinteraksi dengan teman-teman baru dan bahkan mahasiswa dari negara lain.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang interaktif dengan para audience. Mathias dan Ying Chen pun mengucapkan terima kasih kepada Kalbis Institute yang telah memberi mereka kesempatan untuk mengikuti program double degree ini. “Buat Kalbis Institute, yang pasti terima kasih banget udah kasih kesempatan buat aku yang sebelumnya gak pernah ada kesempatan ke luar negeri.” Sesi Live Instagram tersebut ditutup dengan pesan dari Ying Chen kepada adik-adik kelasnya, “Daftar aja, seru!”

Ikuti jejak Mathias dan Ying Chen menuntut ilmu sampai ke negeri Tiongkok bersama program double degree Kalbis Institute. Hubungi kami di +62 821-2442-2078 atau cek instagram kami di @Kalbisinstitute!

Kalbis Institute, Transforming Hearts and Minds!

#KalbisRefresh #Heartsandminds

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *