Selasa (14/06) Kalbis Institute mendapat kunjungan istimewa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur yang dihadiri langsung oleh Bupati, Drs. Burhanudin.Pertemuan ini dilaksanakan di laboratorium business strategy dan dihadiri oleh Rektor Kalbis Institute Naik Henokh Parmenas, S.H., M.M. Ph.D. (Cand) beserta seluruh jajaran petinggi manajemen. Drs. Burhanudin dalam kunjungannya terlihat sangat antusias dalam menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya kepada para pimpinan di Kalbis Institute. Dalam pertemuan spontan dan tidak diagendakan sebelumnya ini ada cukup banyak hal yang didiskusikan dan memuat beberapa agenda penting yang nantinya akan melalui pembahasan yang lebih detail lagi.

Di kesempatan ini kedua belah pihak menyampaikan maksud dan keinginan untuk saling bekerjasama dalam ruang lingkup:

  • Berkolaborasi dalam hal penelitian baik oleh Dosen maupun Mahasiswa Kalbis Institute yang berdampak langsung terhadap daerah Belitung Timur
  • Kalbis Institute bersedia untuk membantu Belitung Timur dalam hal pengabdian kepada masyarakat, dengan melibatkan mahasiswa kepada salah satu program yang diajukan Bupati yaitu stunting.
  • Berkolaborasi terhadap program “Belitung Belajar”, yakni anak-anak terpelajar mengajar anak-anak pulau.
  • Berkolaborasi dalam hal pendampingan kurikulum untuk Yayasan pendidikan di Belitung Timur.
  • Berkolaborasi dalam bentuk kontribusi institut melalui jurusan Virtual Reality terhadap pengembangan pariwisata sekaligus mengangkat UMKM disana.
  • Berkolaborasi dalam hal peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintahan Belitung Timur yang mana sesuai dengan visi institusi yakni sustainable development goals.
  • Berkolaborasi di bidang entrepreneur and business melalui program “galeri investasi” di Kalbis Institute, sekaligus menawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah keuangan lewat diskusi bersama mahasiswa.

Pemerintah Belitung Timur menyatakan kesediannya dalam mendukung program-program Kalbis Institute terutama pada bidang penelitian dan kualitas lulusan, tidak hanya terkait akademik dan intelektual, namun juga karakter yang baik.

Tak hanya itu, Rektor Kalbis Institute secara khusus menekankan bahwa institusi bersedia dan ingin mengulik permasalahan yang dihadapi daerah Belitung Timur kemudian membantu dalam mencari solusi dan penyelesaian masalah.

Walaupun pertemuan dilaksanakan tanpa agenda dan persiapan sebelumnya, namun baik dari pihak Pemerintah Belitung Timur dan pihak Kalbis Institute sangat bersemangat untuk mempersiapkan apa yang telah didiskusikan sebelumnya. Dalam waktu berjalan, akan diadakan agenda untuk menindaklanjuti rencana-rencana baik dalam pertemuan istimewa ini. Kalbis Institute membuktikan bahwa dirinya terbuka terhadap segala penawaran kolaborasi, lebih khusus dalam hal ini untuk aspek perkembangan dan pemerataan pendidikan di daerah-daerah yang kurang mendapat perhatian. Dan pada akhirnya sebagai institusi pendidikan, Kalbis Institute membuktikan kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia.

Penulis: Jessica Turambi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *