KINTAX Competition merupakan acara yang dilaksanakan oleh 2 ormawa sekaligus yaitu dari hasil elaborasi antara HIMAK (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) dengan IVEST (UKM Pajak dan Investasi). Dalam hal ini, kami mengusung tema berupa “Improving the Quality of the Younger in the Sector of Tax and Investment”. Latar belakang kami memilih tema tersebut karena kami ingin para kaum muda dapat memajukan sektor Pajak dan Investasi, selain itu memberikan inovasi terkait Pajak dan Investasi. Rangkaian kegiatan KINTAX Competition dimulai dari pendaftaran lomba  National Tax Poster dan Capital Market  Research and Analysis. Pendaftaran dimulai dari bulan Januari hingga 13 Maret 2022. Dalam lomba ini peserta dibebaskan untuk mengutarakan seluruh kreativitas, argumen, analisis dalam mengungkapkan hal-hal yang ingin diungkapkan. Kami memberikan waktu untuk para peserta sampai bulan April untuk dapat menyelesaikan hasil dari lomba tersebut. Setelah para peserta mengumpulkan seluruh hasilnya, kami langsung melakukan penyisihan dan penentuan pemenang. Untuk poster Pajak, kami memilih 3 tim teratas untuk menjadi pemenang dan untuk paper Investasi kami melakukan penyaringan 10 Tim teratas untuk dapat masuk ke babak presentasi (babak final) yang selutuhnya penilaian dilakukan oleh Juri. Sebelum dilakukan tahap presentasi, kami melakukan Technical Meeting pada tanggal 14 April 2022. Technical Meeting dilakukan oleh para peserta paper Investasi yang masuk ke dalam 10 besar teratas

Technical Meeting, 14 April 2022.

Technical Meeting pertama-tama dilakukan pembukaan oleh MC (Master of Ceremony) untuk dapat menyapa para peserta yang telah hadir dalam acara tersebut. Selanjutnya, acara dilakukan dengan pembukaan kata sambutan oleh Bapak Budi Kurniawan selaku Pembina IVEST dan Ketua Program Studi HIMAK untuk dapat menyampaikan satu dua patah kata untuk dapat membuka acara Technical Meeting. Setelah Kaprodi memberikan kata sambutan, dilanjutkan oleh Wakil ketua yang memberikan kata sambutan. Hal ini dikarenakan Ketua Pelaksana berhalangan hadir saat Technical Meeting berlangsung. Acara selanjutnya, langsung dilakukan prmbacaan mekanisme untuk presentasi dan melakukan pemilihan urutan presentasi dengan metode “wheel roulette”. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para peserta kepada panitia. Banyak sekali pertanyaan yang kami dapatkan dari para peserta yang hadir. Namun, sesi tanya jawab selesai tepat waktu, sehingga kami langsung melakukan sesi dokumentasi dan penutupan yang dilakukan oleh MC.

Presentasi Top 10, 27 April 2022.

Akhirnya, setelah Technical Meeting berlangsung kami ada ditahap/sesi selanjutnya yaitu Presentasi Top 10. Pada Presentasi Top 10 kali ini diikuti dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Akuntansi yaitu Bapak Budi Kurniawan dan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Juan Carlos Immanuel. Selanjutnya, dilakukan pembacaan kembali peraturan dan mekanisme presentasi oleh Sie.Acara. Setelah dilakukan pembacaan mekanisme, waktunya dimulai dengan presentasi grup urutan pertama yaitu D’Corp. Grup yang akan presentasi memasuki break out room yang didalamnya berisikan 2 juri dan hanya beberapa panitia saja. Presentasi dilakukan untuk melihat sejauh mana ketajaman analisis yang telah dibahas dalam pembuatan paper tersebut, selain itu melatih kemampuan public speaking para peserta. Para juri memberikan pertanyaan kepada para peserta dan juga melakukan penilaian saat itu juga. Setelah tim pertama selesai dilakukan oleh tim ke-2 yaitu tim Newbie, yang dilanjutkan oleh tim Parabeleum, Trojan, VA Investment, AFT Venture, Unity. Kami memberikan waktu untuk ISHOMA dan setelah itu dilanjutkan di sesi ke-2 dengan urutan tim yang berisikan HST Capital, Jaya Abadi dan tim ARA. Setelah Presentasi dilakukan, kami melanjutkan langsung untuk sesi Dokumentasi dan Penutupan yang dilakukan oleh MC.

FGD (Forum Group Discussion), 13 Mei 2022.

Forum Group Discussion (FGD) merupakan acara puncak dari kegiatan KINTAX Competition. Selain adanya FGD yang mengundang berbagai narasumber Eksternal, acara selanjutnya yaitu penutupan seluruh rangkaian KINTAX Competition 2022 dan pengumuman pemenang lomba baik National Poster Competition dan National Market Research Analysis. Acara pertama dilakukan oleh Forum Group Discussion yang diawali dengan pembukaan dan sapaan oleh MC kepada para peserta, dan dilanjutkan dengan pengenalan Moderator. Moderator untuk FGD ini yaitu Ibu Nathalia Faradhetta Putri yang merupakan International Office Staff and Lecture of Kalbis Instiitute. Kemudian, acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Rektor Kalbis Institute yaitu Bapak Naik Henokh Parmenas yang hadir dalam acara tersebut. Bapak Naik Henokh menyapa seluruh peserta dan panitia yang hadir, selain itu menyampaikan kata sambutan salah satunya yaitu “Transforming hearts and minds”, yang mengartikan bahwa kita harus melakukan upgrade tidak hanya dengan fikiran melainkan juga dengan hati sesuai dengan motto Kalbis Institute. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan CV para pembicara oleh Moderator. Pembicara yang hadir untuk mengisi FGD adalah :

  1. Bapak Andri Muharizal Putra dari Head of Investment Gallery MNC Sekuritas
  2. Ibu Frisca Devi Choirina, dari Founder of @ngertisaham
  3. Marco Poetra Kawet, dari Head of Representatives Office Indonesia Stock Exchange

Masing- masing pembicara telah menyiapkan materi yang akan disampaikan pada saat FGD yang dilakukan selama 20 menit untuk setiap pembicara. Acara FGD dibuka dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Andri Muharizal Putra yang mengangkat tentang issue-issue Investasi,pengenalan Investasi di dunia digital dan dilanjutkan dengan tips dan trik bagaimana mudahnya melakukan investasi dalam dunia digital. Selanjutnya, dilanjutkan oleh Ibu Frisca Devi Choirina yang menyampaikan tentang Psikologi Investasi yaitu bagaimana beliau melakukan sharing kepada para peserta mengenai apa saja sikap yang harus dimiliki jika ingin menjadi Investor yang professional dan menghadapi struggle saat Investasi berlangsung. Beliau mengatakan bahwa seorang Investor harus memiliki mental yang stable dan harus fokus dengan apa yang menjadi tujuan seorang Investor agar dapat melanjutkan Investasi dengan baik. Terakhir, disampaikan oleh Bapak Marco Poetra Kawet yang mengangkat materi berupa manfaat jika melakukan investasi di BEI karena sudah memiliki regulasi yang memadai dan keamanan jika melakukan Investasi di BEI. Setelah para pembicara menyampaikan materinya, moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan sebagian lagi dari panitia yang hadir dalam acara tersebut. Acara selanjutnya yaitu pemberian plakat kepada para pembicara dan dokumentasi kepada para peserta dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA berlangsung, acara dilanjutkan dengan Games sebagai ice breaking dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Games yang disajikan ditampilkan dala power point yang di share screen oleh Tim Acara KINTAX, lomba yang disajikan yaitu tebak emot, tebak film dll. Acara ini dipandu oleh MC dan Tim Acara. Banyak peserta yang antusias dengan games yang disajikan, hal ini dibuktikan dengan penuhnya kolom chat yang berisikan jawaban peserta. Setelah games selesai akhirnya acara puncak dari kompetisi KINTAX akan berlangsung yaitu pembacaan pemenang oleh Moderator yaitu Bapak Budi Kurniawan dan MC. Para pemenang juara 1-3 Poster dibacakan terlebih dahulu dan dilakukan share screen E-certificate oleh panitia dan kesempatan memberikan sepatah dua patah kata dan pemenang juara 1-3 Paper Investasi dilakukan dengan mekanisme yang sama, setelah itu dilanjutkan dengan foto pemenang bersama dengan Moderator dan MC. Acara ditutup dengan penutupan oleh MC dan Dokumentasi keseluruhan peserta yang hadir.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *