
Bagi kamu yang suka menulis, membuat konten, membangun hubungan dengan orang-orang baru, program studi Ilmu Komunikasi bisa jadi cocok untuk kamu. Ketika kamu menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, kamu perlu belajar berpikir kreatif untuk menghasilkan ide yang unik sekaligus komersil.
Kamu pasti pernah bercerita tentang produk atau iklan dari suatu merek yang sangat menarik bagimu ke orang lain. Kegiatan tersebut merupakan contoh bahwa strategi pemasaran dari merek tersebut berhasil memikat audiensnya, dalam hal ini adalah kamu.
Lalu, apa saja profesi yang bisa kamu geluti bila kamu lulus dari program studi Ilmu Komunikasi?
Brand Manager
Bidang komunikasi erat kaitannya dengan brand atau merek. Ada dua hal utama yang patut diperhatikan oleh seorang brand manager, antara lain brand perception dan brand awareness.
Brand perception berkaitan dengan ide, perasaan, dan pandangan yang akan audiens asosiasikan ketika menemukan brand tersebut, baik di iklan maupun toko. Sementara itu, brand awareness berbicara mengenai seberapa populer brand tersebut di benak audiens. Misalnya, kamu selalu memikirkan Aqua ketika ingin membeli air mineral, itu berarti Aqua memiliki brand awareness yang sangat baik.
Analis Pasar
Salah satu tantangan bekerja di dunia pemasaran adalah memastikan bahwa suatu brand benar-benar berada di benak audiensnya karena hampir semua brand juga berlomba-lomba untuk hal tersebut. Karena itu, penting bagi suatu brand untuk mengetahui apa kebutuhan konsumen sebenarnya dan bagaimana perilaku mereka.
Sebagai analis pasar, kamu akan bertugas melakukan riset dan memberikan rekomendasi bagi suatu brand terhadap keputusan-keputusan bisnis mereka. Apakah selama ini target audiens suatu brand sudah tepat atau belum? Hal-hal seperti itu yang akan menjadi makananmu kelak ketika kamu menjadi analis pasar.
Advertising Team
Selain riset yang kuat, suatu brand juga membutuhkan iklan agar tetap berada di benak konsumennya. Nah, ini merupakan tujuan utama dari profesi-profesi yang berada di dunia periklanan, seperti copywriter, social media manager, content marketer, digital marketer, art director, account executive, dan sebagainya.
Tim iklan ini biasanya membantu brand untuk bisa menyampaikan pesan dengan baik melalui cara-cara yang kreatif dan unik, mulai dari pembuatan ide hingga melaksanakan kampanye pemasaran.
Event Manager
Di era pertukaran informasi yang cepat ini, interaksi fisik tetaplah hal yang tak bisa tergantikan. Untuk menciptakan hubungan yang baik antara brand dengan konsumen, kamu bisa berkarier sebagai event manager untuk berbagai perusahaan ternama.
Sebagai event manager, tugas utamamu adalah memastikan acara dari suatu brand berjalan dengan baik dan audiens mendapatkan pesan yang brand tersebut ingin sampaikan.
Itu dia keempat profesi yang diminati oleh para lulusan Ilmu Komunikasi dan masih menjanjikan sampai saat ini. Bila kamu merasa cocok dengan bidang komunikasi, sebaiknya kamu juga mulai mempertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengalamanmu di bidang ini agar resume kamu semakin meyakinkan ketika kamu lulus dan akan melamar kerja nanti.
Bila kamu berminat untuk tahu lebih lanjut tentang program studi Ilmu Komunikasi, Kalbis Institute menawarkan beasiswa bagi kamu yang memiliki prestasi! Kunjungi www.kalbis.ac.id/admisi/s1 untuk info lebih lanjut seputar biaya kuliah program studi ini dan beasiswa yang kami tawarkan.